Ini Hal Penting untuk Mulai Usaha dari Nol Ala CEO HyperChain Capital

Stelian Balta - Image: Instagram stelyb (@stelyb)

Like

Kesuksesan memang gampang terlihat ketimbang proses di belakangnya. Nah makanya, jangan pernah berpikir kalau orang sukses, terutama dalam menjalani bisnis, bisa diraih dalam waktu singkat ya!

Soalnya, semua bisnis pasti dijalani dari nol dulu nih, Be-emers. Selain itu, berbagai tantangan bisnis juga bakal dihadapi sama setiap pelaku usaha atau yang biasa disebut entrepreneur.

Nah, hal itu juga dialami sama CEO HyperChain Capital Stelian Balta. Meski sudah sukses menjalani seorang pengusaha sekaligus investor di 40 perusahaan lain, Balta sudah memulai bisnisnya dari nol sejak ia remaja lho.

Berawal dari merancang game online di umur 16 tahun, kini pria yang berhasil mendapatkan jutaan dolar di usia 24 tahun itu telah sukses menjalani perusahaan manajemen aset dan investasi digital, yang berbasis di Singapura.

Dikutip dari laman Bisnis, ini hal-hal penting yang perlu kamu miliki untuk memulai usaha dari nol.


Baca Juga: Kenalan dengan Rico Huang, Pengusaha Muda yang Memiliki Ferrari
 

Jangan Takut Gagal dan Ekseskusi

Menurut Balta, dengan kegagalan yang besar, kesuksesan besar pun juga bisa datang! Baginya, merasa nyaman sama kegagaln itu sangat penting.

Kalau kita gagal, kita perlu mencoba dan terus membangun banyak hal. Selain itu ia juga senang banget bereksperimen dan mencoba banyak hal.

Itu pun ia lakukan dari nol! Saat kamu kurang modal atau bahkan dukungan saat memulai usaha, kalau kamu terus berusaha dan enggak takut gagal, kamu pun jadi bisa menerima hal tersebut sebagai bagian dari cara kerja untuk membangun usaha.

Balta menilai, selalu ada “harga” yang harus dibayar untuk kesuksesan suatu usaha. Makanya, kamu harus menyadari kalau kegagalan adalah bagian tak terpisahkan dari kesuksesan, jadi jangan biarkan hal itu menghentikan langkahmu ya!

Selain itu, jangan pernah takut untuk melakukan eksekusi. Jangan biarkan ide-ide kamu cuma jadi ide belaka.

Kalau kamu mau mulai bisnis dan sukses, kamu harus cukup berani untuk menjalankan ide-ide tersebut. Soalnya, ide tanpa tindakan, sama halnya enggak melakukan apapun.
 

Lakukan yang Kamu Suka

Punya passion dalam menjalani usaha, tentunya akan bikin kamu jadi lebih semangat. Soalnya segala emosi dan pikiran kamu akan fokus tercurahkan ke bisnis yang akan kamu jalani.

Kamu pun enggak akan rela melakukannya setengah-setengah! Makanya, sebelum memutuskan memulai usaha, kamu harus mencintai apa yang kamu lakukan untuk dapat melewati masa-masa sulit.

Baca Juga: Belajar dari Jakob Oetama: Konsistensi Berkarya Hingga Dirikan Usaha Tanpa Modal Uang
 

Kembangkan Strategi dan Antisipasi Segala Kemungkinan

Namanya menjalani bisnis, pastinya butuh sejumlah strategi dong. Hal itu dilakukan untuk menghadapi berbagai persaingan dan risiko yang bisa saja terjadi.

Berbagai strategi bisa kamu lakukan untuk mengurangi risiko. Misalnya dengan melakukan diversifikasi bisnis, membuat rencana bulanan/tahunan, dan riset.

Selain itu, menurut Balta, pengusaha hebat bisa mengantisipasi kebutuhan penting dalam pasar yang terus berkembang. Adapun, mampu mengatur waktu dengan baik juga jadi salah satu komponen yang penting.

Jadi, Balta pun menilai, sebaiknya lupakan hal yangs udah dilakukan. Mulailah untuk fokus menciptakan sesuatu yang baru!
 

Jangan Berhenti Belajar

Ilmu itu selalu ada dalam tahap kehidupan. Untuk itu, kamu jangan pernah berhenti untuk selalu belajar.

Hal itu juga termasuk investasi dalam berbisnis lho! Bagi Balta, penting banget untuk kamu tetap fokus pada keterampilan, koneksi, dan pengalaman baru.