Matahari Department Store (LPPF) Beli Sebagian Saham NOBU, Ini Alasan dan Tahapannya

Ritel Illustration - Canva

Like

Salah satu cara untuk bisa bertahan dalam menjalani bisnis adalah dengan berani keluar dari zona nyaman. Itu juga yang dilakukan oleh salah satu perusahaan ritel, yakni PT Matahari Department Store Tbk.

Selama ini, kita tahu bahwa Matahari Department Store terkenal dengan bisnis penjualan pakaian. Namun, hal itu rupanya bukan jadi penghalang bagi emiten berkode saham LPPF tersebut untuk menilik peluang cuan di sektor lain.

Diketahui dari laman Bisnis, entitas Grup Lippo tersebut bakal masuk jadi salah satu pemegang saham dari PT Bank Nationalnobu (NOBU) lho, Be-emers!

Pihak Matahari Department Store mengumumkan pembelian bagian saham NOBU maksimum sebanyak 728,00 juta lembar dengan nilai Rp755 per saham. Nah, pembelian saham tersebut setara dengan 16,4 persen dari nilai modal disetor NOBU.

Nah, total nilai transaksi atau keseluruhan pembelian bagian saham tersebut yakni sebesar Rp549,64 miliar. Selain itu, pembelian akan dilakukan oleh LPPF terhadap kepemilikan PT Inti Anugerah Pratama (IAP) di NOBU, yang mana keduanya telah meneken perjanjian jual beli (PJB) pada Rabu (4/11) lalu.


Perlu digaris bawahi, transaksi antara LPPF dan IAP merupakan transaksi afiliasi.Soalnya, Direktur Utama LPPF Bunjamin Jonatan Mailool juga sekaligus menjadi Presiden Komisaris IAP nih, Be-emers.

Sementara itu, Lippo Group menguasai saham Matahari melalui PT Multipolar Tbk. (MLPL) sebanyak 19,42 persen. Lippo juga tercatat sebagai pengendali NOBU melalui PT Kharisma Buana Nusantara.

Nah, dalam PJB, transaksi masuknya LPPF ke NOBU akan dilakukan dalam tiga tahap:

  • Pembelian 265 juta lembar saham atau setara Rp302,00 miliar pada Rabu, 4 November 2020
  • Pembelian 199 juta lembar saham atau setara Rp196,30 miliar pada Rabu, 11 November 2020
  • Pembelian 198,30 juta lembar saham setara Rp51,34 miliar pada 28 Desember 2020.

Adapun, hingga penutupan bursa hari ini (6/11), saham LPPF terpantau merosot hingga 6,90 persen dan parkir di level Rp810.

Baca Juga: Dua Perusahaan Ritel Ini Kena Gugatan PKPU Nih!
 

Alasan Matahari (LPPF) Beli Saham NOBU

Menurut pihak Manajemen LPPF, transaksi itu sebagai landasan hubungan strategis jangka panjang dengan NOBU. Pihaknya juga yakin kalau investasi dan kemitraan tersebut bakal membawa peluang potensial untuk mengembangkan bisnis di seluruh nusantara.

Dengan begitu, LPPF bakal mendapatkan sejumlah eksklusivitas dan kepastian jangka panjang, serta bisa membantu mendorong pertumbuhan yang signifikan dalam penjualan di masa depan. Sehingga, hal itu bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan LPPF.

Manfaat lainnya dari transaksi dengan Bank NOBU ini adalah adanya perolehan kemampuan perbankan dan keuangan untuk membangun layanan keuangan perseroan kepada pelanggan.

Matahari Department Store juga jadi bisa punya kemampuan untuk fitur layanan tambahan termasuk pembentukan ekosistem digital untuk pelanggan dan juga perseroan.

Terakhir, manfaat lain yang bisa didapatkan LPPF dari penguasaan saham NOBU yakni bisa memperkuat jaringan rantai pasokan melalui fasilitas pembiayaan bagi pemasok dan pelanggan. Sehingga, mengurangi beban perseroan untuk pengambilan uang tunai dari gerai-gerai.