Selain Menjaga Lingkungan, Ini Peluang Usaha dari Mangrove

Mangrove - Canva

Like

Apa yang kamu pikirkan ketika pertama kali mendengar kata ‘mangrove’?

Mangrove atau bakau, dikutip dari laman Kementerian Perikanan dan Kelautan, merupakan jenis tanaman yang hidup di habitat air payau dan air laut. Adapun, selain tumbuh alami, tanaman ini merupakan hasil budidaya lho!

Nah, Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) menyebutkan kalau bakau ini enggak dilindungi nih. Namun, keberadaannya cukup krusial untuk menjaga kelestarian lingkungan, terutama di daerah pesisir untuk mencegah abrasi.

Uniknya, bahan baku bakau bisa dimanfaatkan untuk peluang usaha lho. Diketahui dari laman Bisnis, bahkan sejumlah pengrajin batik di Brebes, Jawa Tengah memanfaatkan mangrove sebagai material pembuatan batik!

Alhasil, kreativitas tersebut menciptakan diversifikasi usaha pada masa pandemi Covid-19 deh. Hal itu pun mendapat apresiasi dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan.


Baca Juga: Tumbuh Subur di Indonesia, Yuk Cari Peluang dari Akar Wangi
 

Dapat Dana PEN Berkat Batik Mangrove

Pihak KKP pun mengapresiasinya dengan menggulirkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) padat karya rehabilitasi kawasan mangrove di 12 lokasi, salah satunya di Brebes.

Menurut Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Muhammad Yusuf, ada tiga kelompok nih yang menerima bantuan, antara lain:
  • Kelompok Dewi Mangrove Sari, 
  • Kelompok Jenthik Manis Ecoprint, dan
  • Kelompok Grinting Food.

Nah, kelompok Dewi mangrove Sari dan Jenthik manis Ecoprint merupakan dua kelompok yang fokus pada batik berbahan bakau.

Dewi Mangrove Sari merupakan kelompok yang mengolah daun, buah dan tangkai mangrove sebagai pewarna alami bagi produk andalannya, yaitu Batik Mangrove. Sedangkan Kelompok Jenthik Manis Ecoprint memanfaatkan daun mangrove sebagai pola batik ecoprint-nya.

Nah, kalau kamu punya ide untuk diversifikasi bisnis apalagi nih, Be-emers? Kali aja dapet dana bantuan dan cuan yang melimpah juga. Hihi

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Lagi Tren Ini Bisa Jadi Peluang Cuan Kamu Lho!