Mengapa Domain Penting untuk Bisnis? Yuk, Temukan Jawabannya Lewat Penjelasan Berikut

Mengapa domain penting untuk bisnis (Sumber: Pixabay.com)

Like

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat dan tak dapat terbendung, perkembangan dunia bisnis juga memasuki era yang serba canggih. Perkembangan teknologi juga hadir dengan membonceng pertanyaan mengenai mengapa domain penting untuk bisnis?

Domain merupakan unsur penting yang semakin memudahkan seseorang dalam mengelola bisnisnya. Sama halnya dengan berdagang dunia nyata, bisnis online juga membutuhkan toko untuk menyimpan informasi mengenai produk yang dijual.

Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

1. Kredibilitas

Memiliki sebuah situs dengan nama domain sendiri dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan. Dengan demikian, bisnis yang sedang kamu geluti akan terlihat profesional. Selain itu, bisnismu akan memperoleh kepercayaan penuh dari calon pelanggan.

Jika dibandingkan dengan penggunaan sub domain web gratis, para pelanggan bisa menilai bahwa jenis produk atau jasa yang kamu tawarkan tak layak untuk dibeli. Pasalnya, kepercayaan dari pelanggan merupakan kunci utama dalam mengembangkan sebuah bisnis.

Menaikkan branding dengan beli followers untuk social media bukanlah suatu hal yang patut untuk dilakukan. Intinya paham terlebih dahulu tujuan utamamu, sehingga tidak membuang banyak uang untuk hal yang kurang berguna. 


2. Membangun Brand

Brand awareness merupakan sebuah istilah berupa strategi pemasaran yang dapat meningkatkan kesadaran konsumen terhadap suatu barang. Branding bisa dibangun dengan memanfaatkan berbagai platform sehingga dapat menjawab mengapa domain penting untuk bisnis.


Memiliki situs atau web dengan domain sendiri juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang kamu tawarkan. Apalagi, jika kamu memutuskan untuk menggunakan domain yang terkenal kredibel seperti .co.id.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis & Startup!


3. Domain Dapat Menarik Lebih Banyak Pelanggan

Ketika memiliki bisnis yang terintegrasi dengan situs yang bisa diakses selama 24 jam non stop, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk memperluas jangkauan pemasaran bisnis hingga ke seluruh penjuru dunia sekalipun.

Pemasaran yang memiliki jangkauan luas akan secara otomatis menarik lebih banyak pelanggan dari berbagai daerah. Apalagi jika kamu sudah melakukan branding untuk perusahaan, maka tingkat kepercayaan publik terhadap usahamu akan semakin meningkat.


4. Mempermudah Akses Informasi

Dengan memiliki situs yang terus terupdate, kamu dapat mempermudah publik untuk mendapatkan informasi mengenai layanan yang ditawarkan. Beberapa informasi tersebut seperti promo, perumahan jam kerja atau alamat, harga, dan informasi yang lainnya.

jika kamu masih bertanya mengapa domain penting untuk bisnis, maka jawabannya ialah untuk mempermudah akses informasi bisnis yang kamu kembangkan. Para pelanggan juga akan dimudahkan dengan layanan informasi yang bisa diakses selama 24 jam.


5. Bisnis Akan Muncul di Pencarian Google

Kamu tentunya tahu bahwa Google merupakan sumber informasi terbesar dalam dunia internet. Alasan yang paling penting untuk menggunakan domain agar bisnismu muncul di laman pencarian Google. 

Sebelum melakukan pembelian suatu produk, biasanya para konsumen akan melakukan riset terhadap produk tersebut. Umumnya, mereka akan mencari tahu informasi seputar produk tersebut dengan bantuan Google.

Jika bisnismu muncul di halaman Google, peluang untuk menarik konsumen dan mendapatkan pelanggan akan menjadi lebih besar. Mereka juga pastinya akan menilai bahwa bisnis yang kamu kembangkan layak dijajal.

Google My Business adalah salah satu tools yang bisa kamu gunakan untuk membuat kehadiranmu di dalam Google, jika kamu tidak punya website. Kalau kamu punya website, maka akan semakin baik lagi!

Apabila dilihat dari data statistik, jumlah pelanggan yang melakukan riset untuk mencari tahu informasi suatu produk mencapai angka 81%. Tentunya kamu tidak akan melewatkan kesempatan agar produkmu mendunia bukan? Jadi segera daftarkan untuk mengetahui mengapa domain penting untuk bisnis.

Setelah membaca penjelasan dari ulasan tersebut, kamu sudah bisa menyimpulkan sendiri tentang betapa pentingnya domain untuk perusahaan. Tak hanya sekedar menarik pelanggan, memiliki web dengan domain sendiri dapat mempermudah pengelolaan bisnis yang kamu bangun.

Baca juga: Apakah Google Mengetahui Semuanya?