Apakah Google Mengetahui Semuanya?

Apakah Google mengetahui semuanya (Format: pixabay.com)

Apakah Google mengetahui semuanya (Format: pixabay.com)

Like

Google ada perusahan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 4 September 1998. Berawal dari proyek yang mereka buat untuk meraih gelar hingga saat ini menjadi Big Data yang berguna bagi semua orang. 

Berawal dari nama Backrub, Googol, hingga Google. Search engine ini menjadi tempat pencarian yang digunakan seluruh manusia untuk mengakses informasi. Tentu dikendalikan oleh sistem dan algoritma. Perusahaan berbasis teknologi di Silicon Valley ini menjadi tempat impian bagi para anak muda. 

Disamping dari kehebatan Google, pernahkah kalian berpikir, “apakah Google mengetahui semua tentang saya?”

Memikirkan hal ini terkadang menjadi satu hal yang mengerikan. Mengapa demikian? Krisis privasi terkait siapa diri kita di Google. Dimana ini bisa saja berdampak terhadap reputasi dan kredibilitas orang lain terhadap dirimu. 

Namun, apakah sebenarnya Google mengetahui semuanya? Tentu tidak, jika kamu menggunakan datamu dan internet dengan sebijak mungkin. Google adalah search engine yang bekerja dengan menggunakan algoritma untuk memberikan jawaban terbaik mengenai keyword yang kamu tuliskan. 


Jadi, pada dasarnya tugas Google adalah menemukan jawaban yang tepat dan relevan untukmu dari seluruh data yang terkoneksi dengan Google. Apa saja hal yang Google ketahui tentangmu? 


Nama Kamu

Nah, teman-teman apakah kalian pernah mencari nama kalian di Google? Apakah nama yang muncul adalah kamu? Bisa ya dan tidak, tergantung seberapa uniknya nama kamu, seberapa sering kamu menggunakan platform-platform yang terkoneksi dengan Google. 

Menurut data yang dikemukakan oleh Support Google sendiri, kamu bisa melihat akun apa saja yang terkoneksi dari pengaturan Gmail, pihak ketiga. Sudah pasti Google terkoneksi dengan akun-akun sosial mediamu.

Jadi, jika kamu berpikiran untuk menghilangkan jejak semudah itu dari dunia internet ini. Maka, solusinya adalah menghapus akun sosial media yang tidak baik untuk citramu. Lain halnya dengan liputan media dan pihak ketiga lainnya yang diluar kendali. 


Biografi Kamu 

Sudah pasti! Jadi, selain Tuhan, Google bisa saja menjadi orang yang paling tahu tentang hal-hal yang kamu sukai. Ingat hanya berkaitan dengan hobby & interest saja, ya! Jadi, Google bisa mengetahuinya dari proses pencarianmu setiap hari, sosial media, apa yang kamu like, share, tulis, tonton, dan sebagainya.

Ini mengapa terkadang Google dan sosial media yang terkait denganmu sering memberikan rekomendasi dengan tepat. Ini karena, pola yang kamu lakukan berulang kali membuat algoritma setiap search engine mengenal siapa kamu dalam konteks yang relevan. 


Apakah Google Jahat? 

Tentu tidak, teknologi dalam Google digunakan untuk membantu para user agar pekerjaan menjadi lebih mudah. Juga, menghindari berbagai kesalahan yang bisa diantisipasi sejak awal. Ini alasan mengapa kita perlu bijak dalam mencari informasi. Google adalah wadahnya. 

Dilansir melalui Kompas.com, Google pernah dituntut dan didenda 9,9 milliar oleh lembaga perlindungan data Belgia. Ini dikarenakan Google tidak mau menghapuskan data seseorang yang penting. Hak ini disebut right to be forgotten

Namun, menurut Google, tidak semua data dapat dihapus, karena hal ini menjadi informasi dan kebenaran yang berguna bagi masyarakat umum. Terlebih, dalam dunia politik. Namun, Google juga tidak terlepas dari denda-denda lainnya terkait dengan periklanan dan distribusi konten. 

Jadi, teman-teman semua dalam industri digital saat ini, perlu sekali untuk sadar akan penggunaan internet yang baik. Kalau menggunakan untuk hal yang buruk, maka tampilan dan rekomendasi yang diberikan Google akan menjadi buruk juga!

Ingat, bahwa seluruh datamu bisa ditemukan dan mungkin saja berpengaruh terhadap karirmu. Untuk itu, kalau kamu membangun startup, koneksi, brand image yang baik.

Maka, mulai dari sekarang berkontribusilah dengan baik dan benar untuk mengedukasi publik. Hindari menyebarkan kejahatan, hoax, dan hal-hal yang berkaitan dengan SARA! 

Semoga artikel ini berguna untuk kamu dan jangan lupa perkaya diri dengan berbagai informasi terkait Startup di Bisnis Muda. Setiap harinya, kamu bisa membaca apa saja hal-hal yang diperlukan untuk membangun Startup hingga ide-ide kreatif yang bisa saja menjadi inspirasimu!

Selamat mencoba dan berkarya!