Pegadaian Bakal Rilis Kartu Tabungan Emas, Apa Aja Sih Kegunaannya?

Gold Illustration - Canva

Like

Emas merupakan salah satu alternatif investasi yang masih diminati oleh banyak orang, terutama untuk investor pemula. Soalnya, emas punya tingkat risiko yang cenderung rendah nih, Be-emers.

Enggak cuma itu, sekarang emas bahkan bisa ditabung seperti halnya tabungan uang di bank lho! Salah satu platform yang menyediakan layanan tabungan emas yakni Pegadaian.

Diketahui dari laman Bisnis, saat ini PT Pegadaian (Persero) masih terus mengembangkan kartu tabungan emas (Gold Card) lho. Hal ini dilakukan supaya Gold Card bisa jadi salah satu alat pembayaran alternatif di era new normal.

Menurut Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Harianto Widodo, produk ini juga terus dikebut oleh pihak Pegadaian sebagai upaya memanfaatkan momentum naiknya para pengguna tabungan emas.

Baca Juga: Gandeng Disney, UBS Punya Logam Mulia Khusus Pecinta Mickey Mouse Lho! Intip Juga Keunggulannya


Nah, saat ini, pihaknya masih dalam tahap pilot project internal. Targetnya sih, pihak Pegadaian akan segera membuat pilot project ke luar di tahun 2021 mendatang.

Soalnya, Gold Card ini merupakan model bisnis baru. Selain itu, produk kartu tabungan emas tersebut terkait dengan perbankan. Sehingga, pihak Pegadaian harus memastikan semua sistemnya oke terlebih dahulu.

Selain itu, tahun depan, Pegadaian pun menargetkan layanan tabungan emas lewat Gold Card mampu menjadi salah satu alat pembayaran dalam proses jual-beli online atau offline.

Nah, berbeda dengan emas batangan pada umumnya, apa sih kegunaan dari Gold Card ini?

Rupanya, terkait proyek ini, pihak Pegadaian telah berkolaborasi dengan 3 bank BUMN dan 1 bank swasta lho, Be-emers.

Jadi, nantinya, sistem kerja kartu ini sama dengan kartu kredit perbankan, yang tentunya memungkinkan kamu untuk berbelanja di merchant-merchant tertentu sesuai saldo tabungan emasnya di Pegadaian.

Enggak cuma itu, selain bisa dipakai untuk belanja, kamu sebagai pemilik Gold Card juga bisa menggunakannya sebagai alat tarik tunai di bank mitra, alat pembayaran nontunai, dan lain-lain.

Perlu diketahui, Gold Card ini punya bunga yang lebih murah dari kartu kredit. Soalnya, jaminannya merupakan tabungan emas milik nasabah itu sendiri.

Adapun, kini pihak Pegadaian juga tengah berencana untuk berkolaborasi dengan lebih banyak lagi e-commerce untuk digital ecosystem channel. Selain itu, setelah melewati pilot project, nantinya Pegadaian bakal mengumumkan ketentuan untuk mendapatkan layanan Gold Card ini secara lebih lanjut.

Kamu penasaran dan tertarik buat punya Gold Card di tahun 2021 nanti enggak nih, Be-emers?

Baca Juga: Selain Emas Fisik, Tabungan Emas Digital Bisa Jadi Pilihan Investasi Milenial