Youtuber, Ini Cara Mendapatkan Subscriber Yang Benar!

Cara mendapatkan subscriber (Sumber: Pixabay.com)

Like

Dewasa ini, dunia digital merupakan hal yang paling disenangi masyarakat. Berbagai hal bisa dengan mudah didapatkan melalui berbagai sajian internet termasuk Youtube. Platform ini sangat digemari karena sifatnya yang audio dan visual. 

Algoritma Youtube di tahun 2020 memang berubah. Menyongsong tahun 2021, poin penting yang akan tetap bertahan adalah relevansi dan kualitas konten. Nah, banyak orang yang tertarik untuk membuat konten karena dirasa dapat menghasilkan uang jika banyak memiliki subscriber.

Namun, hal itu tak semudah yang dibayangkan. Sejauh ini menurut inet.detik, konten yang digemari paling banyak di masyarakat Indonesia itu adalah musik dan konten komedi atau vlog. Wah, input ini bisa menjadi value tambahan untuk kamu yang ingin membuat konten kedepannya. Lantas, sebelum ke konten, pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh kebanyakan creator adalah bagaimana cara mendapatkan subscriber?


1. Membuat Akun Youtube

Membuat akun youtube adalah langkah awal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan subscriber. Dalam hal ini, kamu dapat membuat nama akun yang mudah diingat maupun dengan cara memasukkan tema yang ingin dikembangkan pada chanel tersebut. Tentunya, kamu melakukan hal ini setelah mencari tahu konten apa yang ingin kamu buat berdasarkan kebutuhan masyarakat.


2. Membuat Konten Menarik

Begitu pula, konten yang menarik merupakan bekal utama yang akan dilirik oleh para penonton. Konten ini dapat dibuat berdasarkan hobi maupun pengalaman pribadi yang ingin dibagikan kepada orang lain. Tentunya, kamu perlu membuat beberapa persiapan dalam merencanakan pembuatan konten ini.

Konten yang menarik dapat dibuktikan dengan sajian video yang bagus dan unik. Begitu pula, video yang memiliki alur cerita dan bahasa yang mudah dipahami oleh penonton adalah alasan orang lain ingin mengkonsumsi chanel kamu. Selain itu, channel yang bermanfaat dan menjawab berbagai permasalahan yang sedang terjadi adalah salah satu cara mendapatkan subscriber.


Baca juga: 10 Cara Membuat Konten yang Menarik di Instagram


3. Konsisten

Konsisten adalah kunci utama untuk menjadi youtuber sejati. Pasalnya, mendapat subscriber dengan jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, kamu harus selalu konsisten untuk membuat dan menyebarkan beberapa hal kepada orang lain melalui channel youtube kamu.

Dalam menjalani pembuatan channel yang konsisten ini, kamu dapat memadukan berbagai tema permasalahan yang sedang terjadi saat ini dengan channel youtube yang sedang kamu tekuni. Begitu pula, menonton channel youtube orang lain juga dapat dilakukan untuk mencari inspirasi dan ide dalam mengembangkan konten. Tentunya, cara ini dapat membuat kamu lebih semangat dan konsisten.


4. Selalu Aktif

Kegiatan ini dapat kamu lakukan dengan cara mencari teman di youtube. Kamu dapat aktif untuk menonton dan memberi komentar ke chanel lain sebagai saran dan apresiasi terhadap karyanya. Ini adalah salah satu cara mendapatkan subscriber karena dengan apresiasi, orang lain juga dapat melakukan hal sama kepada chanel yang kamu kembangkan.


5. Sebarkan Video Ke Medsos Lain

Menyebarkan link video ke medsos lain bisa seperti whatsApp, facebook dan instagram melakukan salah satu cara untuk mendatangkan follower yang bermula dari orang-orang terdekat kamu. Hal ini dapat mempermudah kamu untuk mendapatkan subscriber melalui orang lain yang biasanya akan bercerita kepada yang lainnya juga.

Selain itu, konten menarik yang kamu buat juga dapat dengan mudah diketahui oleh orang lain. Tentunya, kamu dapat menyebarkan link pada story maupun membuat video pendek berisi cuplikan yang dapat disebarkan melalui feed instagram maupun facebook. Video cuplikan tersebut biasanya akan membuat penasaran sehingga bisa menarik penonton dan subscriber.


6. Ikuti Permintaan Follower

Jika sudah ada beberapa penonton yang mengunjungi dan tertarik terhadap chanel kamu, mereka biasanya akan memberi beberapa saran maupun meminta tema untuk kelanjutan dari chanel kamu. Permintaan-permintaan tersebut bisa menjadi cara mendapatkan subscriber yang paling ampuh karena kamu dapat menghadirkan konten yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh orang lain.

Membuat channel youtube memang mudah. Tetapi, chanel yang bagus, bermanfaat dan sesuai kebutuhan orang lain adalah hal yang dapat dilakukan untuk meraih banyak subscriber. Hal ini tentu akan menguntungkan kamu karena selain menikmati hobi, kamu juga dapat memiliki penghasilan melalui kegiatan ini.

Baca juga: Level Up Yourself: Personal Branding dan Cara Membangunnya dengan Media Sosial!