Ini Rekomendasi Buku untuk Kamu yang Mau Belajar Saham

Book - Canva

Like

Beberapa waktu terakhir ini, media sosial ramai sama sejumlah influencer atau tokoh publik yang merekomendasikan saham jagoannya.

Mulai dari tokoh agama Ustadz Yusuf Mansur, putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep, hingga Raffi Ahmad, diketahui membagikan rekomendasi terhadap saham-saham pilihannya di media sosial, seperti Twitter dan Instagram.

Di satu sisi, hal itu bisa saja memberikan pengaruh positif untuk mengajak banyak orang, terutama anak muda, memulai investasi. Namun, ajakan untuk mengoleksi saham tertentu dari para influencer itu juga bisa menimbulkan kekhawatiran adanya aksi insider trading nih, Be-emers.

Soalnya, untuk bisa memutuskan membeli saham tertentu, kamu juga perlu banyak riset dan pengetahuan seputar investasi itu sendiri lho, Be-emers.

Nah, mengisi waktu luang kamu sambil tambah pengetahuan soal investasi saham, dikutip dari laman Bisnis, berikut rekomendasi buku yang asyik buat kamu baca.


Baca Juga: Amunisi Weekend Kamu, Ini Rekomendasi Buku dari Bill Gates dan Warren Buffett


Invested - Danielle Town
Invested yang ditulis oleh Danielle Town ni sangat direkomendasikan untuk pemula yang baru ingin belajar tentang dunia saham lho, Be-emers. Buku Invested ini bercerita mengenai perjalanan Danielle mengenal saham selama 12 bulan yang mendapatkan banyak bantuan pelajaran dari ayahnya.

Dirilis tahun 2018, buku ini menjadi buku saham best seller dan buku investasi terbaik. Kamu bisa menemukan perspektif menarik di dalam buku Invested. Selain itu, buku ini enggak terlalu banyak membahas secara mendalam dan analisis terkait saham.

 

Invested - Image: Bisnis.com



The Intelligent Investor - Benjamin Graham
Warren Buffet adalah investor asal Amerika Serikat dan sekaligus orang terkaya ketujuh di dunia di usia 91 tahun. Prestasi luar biasa ini sebenarnya didukung oleh hobi membaca.

Nah, salah satu buku favorit Buffet adalah The Intelligent Investor yang ditulis oleh seorang ekonom bernama Benjamin Graham, yang juga menjadi panutan bagi Buffett. Apalagi, Buffett mengungkapkan pendapatnya bahwa buku ini adalah buku investasi terbaik yang pernah ia baca.

The Intelligent Investor memperkenalkan filosofi "investasi nilai", yang melindungi investor dari risiko kehilangan uang dan mengajari mereka tentang pentingnya investasi jangka panjang yang menguntungkan. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari bagaimana membuat analisa fundamental sebelum akhirnya membeli sebuah produk investasi.


Security Analysis - Benjamin Graham and David L. Dodd
Security Analysis juga merupakan buku favorit dan pernah direkomendasikan oleh Warren Buffet lho, Be-emers. Menurutnya, buku ini telah memberikannya peta investasi yang sekarang telah dijalani selama 57 tahun.

Menariknya, edisi pertama buku ini diterbitkan pada tahun 1934 dan langsung menjadi populer, sehingga dianggap sebagai "kitab suci" bagi para investor. Apalagi, teori-teori yang dikemukakan Graham telah mengubah sepenuhnya kegiatan investasi.

Security Analysis ini disarankan bagi investor muda yang lebih paham tentang jargon dan konsep dasar investasi. Kamu bakal  mempelajari cara terbaik untuk menganalisis prospek investasi yang menguntungkan, membandingkan potensi perusahaan sebelum membeli saham hingga menelusuri riwayat keuangan.

Baca Juga: Resensi Buku Quiet Susan Cain: Siapapun Berharga!