Mengenal Apa Itu Affiliate Marketing, Cara Cuan di Ranah Digital

Affiliate Marketing - Canva

Like

Pemasaran merupakan salah satu bagian terpenting dari suksesnya suatu bisnis. Dari berbagai teknik pemasaran, ada satu nih yang kerap digunakan di ranah digital, yakni pemasaran afiliasi atau affiliate marketing.

Apa itu affiliate marketing?

Dilansir dari laman Ahrefs, affiliate marketing yakni ketika kamu mempromosikan produk dari perusahaan atau pihak lain. Beda sama pemasaran pada umumnya, di sini, kamu enggak egois untuk memasarkan produk sendiri.

Kamu justru dapat cuan dengan mempromosikan produk orang lain nih, Be-emers. Misalnya nih, orang lain beli produk lewat link kamu, nah, kamu bakal dapat komisi dari situ.

Di satu sisi, hal ini bisa jadi peluang cuan baru buat kamu yang tertarik dan terjun di dunia pemasaran alias marketing. Apalagi, kamu bisa memasarkan produk dari banyak perusahaan atau pihak yang berbeda sekaligus lho!


Bahkan, dari data Statista, bisnis di Amerika Serikat akan bisa menghabiskan hingga US$8,2 miliar untuk menggunakan affiliate marketing hingga tahun 2022 mendatang lho!

Data di laman Ahrefs juga menyebutkan kalau pendapatan kamu untuk menjadi seorang affiliate marketer itu enggak terhingga! Hal itu tergantung dari seberapa besar dan banyak peluang yang kamu ambil.

Misalnya nih, seorang affiliate marketer bernama Ryan Robinson diketahui mendapatkan penghasilan hingga US$19.000 pada Oktober 2019.

Bahkan, sebuah website afiliasi yakni The Wirecutter, telah menghasilkan pendapatan sekitar US$10 juta, dan akhirnya dijual ke New York Times seharga US$30 juta.

Baca Juga: Heboh Kasus Eiger, Marketing Gimmick Belaka?

Terus, apa aja sih keunggulan dari Affiliate Marketing itu? Gimana cara memulainya?
Next, kita ke halaman selanjutnya ya!