Erick Thohir Paksa Pakai Kompor Listrik, Memang Lebih Hemat Ya?

Erick Thohir dan Penggunaan Kompor Listrik - Canva

Like

Beberapa waktu lalu, Menteri BUMN Erick Thohir mendapat sorotan karena dikabarkan “paksa” masyarakat untuk menggunakan kompor listrik nih, Be-emers. Memang seberapa unggul dan hemat sih pemakaian kompor listrik?

Lebih tepatnya sih, Erick Thohir mendorong program pemakaian kompor listrik di masyarakat dengan meminta pihak Bank Tabungan Negara (BTN) memasukkan kebijakan tersebut dalam permohonan KPR.

Dengan kata lain, Erick sedang berupaya mendorong masyarakat yang ingin mengajukan KPR untuk wajib menggunakan kompor listrik. Hal itu dilakukan seiring dengan penghematan impor elpiji.

Sementara itu, sejak Maret 2021, terdapat sejumlah mekanisme BTN yang bakal ditindaklanjuti dengan PLN dan Asosiasi Pengembang nih, antara lain:

  • BTN bakal memberikan fasilitas pembiayaan kepada pengembang yang akan bangun perumahan untuk menggunakan kompor induksi atau listrik.
  • Untuk pengembang yang menggunakan kompor induksi, PLN juga bakal memberikan insentif keringanan biaya pemasangan (yang skemanya masih dikembangkan).

Selain untuk menghemat impor elpiji, seberapa unggul sih kompor listrik? Apakah pemakaian kompor listrik jauh lebih hemat?

Baca Juga: Ambisi Erick Thohir, 12 BUMN Bakal IPO?


 

Ilustrasi Kompor Listrik - Canva

 

Mengenal Kompor Listrik, Apakah Beda dengan Kompor Induksi?

Dalam mekanisme yang bakal ditindaklanjuti BTN dengan PLN dan Asosiasi Pengembang, terdapat poin yang menyebutkan kalau pengembang bakal memberikan fasilitas kompor listrik dan kompor induksi.

Nah, pasti banyak nih di antara kamu yang suka bingung, sebenarnya kompor listrik dan kompor induksi itu beda atau sama saja sih?

Pada dasarnya, baik kompor listrik maupun kompor induksi sama-sama menggunakan tenaga listrik untuk bisa berfungsi sebagai alat memasak. Namun, ternyata keduanya juga punya perbedaan lho.

Dilansir dari laman Hi-Cook, kompor listrik dan kompor induksi itu berbeda cara pemanasannya. Kompor induksi merupakan kompor yang menggunakan energi elektromagnetik untuk memanaskan alat masak.

Sedangkan kompor listrik, merupakan kompor yang menggunakan elemen pemanas dan mengalirkan energi radiasi ke makanan nih, Be-emers.

Lalu, gimana dengan keunggulannya?

Yuk, lanjut ke halaman berikutnya!