Dua Sisi yang Perlu Kamu Perhatikan di Era Digital

Digital skills dan digital safety. (Dokpri)

Like

Bersamaan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (20/5/2021) lalu, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) telah meluncurkan Program Literasi Digital Nasional dengan mengambil tema “Indonesia Makin Digital”. Pada saat bersamaan, juga diperkenalkan empat pilar digital.

Sudah pernah mendengar keempat pilar digital tersebut?

Bagi yang belum, ini dia keempat pilar digital yang dimaksudkan. Digital culture, digital safety, digital ethics, dan digital skills.

Nah, pada tulisan kali ini, saya ingin lebih fokus berbicara dua hal. Pertama digital skills dan digital safety.

Mengingat era ini adalah era digital, di mana hampir semua aspek kehidupan kita telah bersinggungan dengan teknologi digital serta terkoneksi dengan internet. Belum lagi dinamika teknologi digital yang telah membawa berbagai perubahan, seperti perubahan dalam berinteraksi, bertransaksi, berbisnis, berbelanja, memperoleh dan menyebarkan informasi, dan yang lainnya, maka sudah saatnya kita semakin melek digital dan berupaya meningkatkan digital skills.


Orang yang melek digital dan memiliki digital skill, tentu akan lebih mudah bersaing di masa seperti sekarang. Terutama ketika kita berada pada kondisi pandemi, digital skills akan mampu membuat kita tetap eksis, baik dalam belajar, berkarya dan bekerja.

Barangkali bagi sebagian orang masih bertanya, bagaimana saya bisa menjadi seorang yang melek digital dan memiliki digital skills?

Sesungguhnya banyak informasi dan pengetahuan seputar teknologi digital yang bisa kita serap dari berbagai sumber, salah satunya melalui webinar. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, tidak sulit untuk mencari informasi tentang webinar. Ada banyak bertebaran di media sosial. Bagai jamur di musim hujan, di mana-mana ada. Tinggal kemauan kita saja, tentu butuh bijaksana untuk memilih dan memilah webinar yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas yang kita geluti.

Barangkali pertanyaan-pertanyaan reflektif berikut, mungkin saja membantu sahabat pembaca untuk memenuhi keinginan untuk mengembangkan digital skills.

Misalnya, apa keahlian digital yang perlu saya kembangkan untuk mendukung aktivitas, bisnis, atau pekerjaan? Apa untung dan manfaatnya ketika saya menggeluti keahlian ini? Bagaimana saya dapat memperoleh dan mengembangkan keahlian digital tersebut? Sudahkah saya memiliki pola pikir tentang pentingnya mengembangkan keahlian digital? Dan massih banyak pertanyaan yang mungkin bisa menggugah untuk kita semakin sungguh-sungguh menggeluti digital skills.

Digital skills memang sudah menjadi sebuah keniscayaan di era digitalisasi sekarang. Tetapi tidak kalah pentingnya kita juga perlu memperhatikan dengan baik tentang yang satu ini, digital safety.

Kita harus sadar, bahwa kemajuan teknologi digital ternyata bukan saja berpengaruh positif bagi kehidupan. Di balik fungsi manifest dari teknologi digital, kita harus tetap waspada dengan fungsi laten (fungsi yang tidak kita harapkan) seperti kejahatan yang siap mengincar kita.

Oleh karena itu, kesadaran untuk melindungi data diri perlu menjadi perhatian. Tidak sembarangan memberikan identitas diri dan kejelian memperhatiakan berbagai tawaran di ruang digital perlu ekstra hati-hati.

Nah, akhirnya, mari kita siapkan pengetahuan dan ketrampilan diri dari hari ke hari agar semakin cakap digital, serta perlu lebih berhati-hati melindungi diri di ruang digital. Salam
Â