Spotify Luncurkan Greenroom, Akankah Jadi Kompetitor Clubhouse?

Greenroom by Spotify Illustration Web Bisnis Muda - New York Daily Gazette

Like

Pada hari Rabu (16/6), Spotify meluncurkan aplikasi audio langsung bernama Greenroom, yang digadang-gadang sebagai produk saingan dari platform populer Clubhouse nih, Be-emers.

Mirip seperti Clubhouse, Greenroom memungkinkan pengguna untuk bergabung dalam diskusi langsung atau menjadi tuan rumah diskusi mereka sendiri.
 

Spotify Greenroom Illustration Web Bisnis Muda - 9to5Mac


Spotify meluncurkan Greenroom setelah mengakuisisi Betty Labs, perusahaan di balik platform audio populer yang berfokus pada olahraga, Locker Room.

Baca Juga: Asyik, Sekarang Clubhouse Hadir di Android!

Seiring dengan perkembangan podcast, audio sosial telah berkembang pesat selama setahun terakhir dengan Clubhouse sebagai pemimpin yang berbasis di San Francisco.


Menurut situs AppMagic, Clubhouse telah diunduh lebih dari 18 juta kali sejak Desember 2020.

Raksasa teknologi lainnya juga telah terjun ke sektor audio langsung, misalnya seperti Twitter yang meluncurkan Spaces pada bulan Desember lalu, dan Facebook menyelenggarakan Live Audio Rooms.

Baca Juga: Mengenal Twitter Spaces, Saingan Baru Clubhouse

Namun, masih ada pertanyaan tentang kemampuan berbagai platform untuk memonetisasi konten mereka.

Mereka juga harus bersaing dengan Discord, yang telah menawarkan audio langsung sejak 2015 dan memiliki lebih dari 140 juta pengguna meskipun lebih fokus pada pemain video game.

Spotify sendiri memiliki keuntungan menjadi platform audio melalui fokusnya pada musik dan, baru-baru ini, podcast.

Kalau kamu, lebih pilih Clubhouse, atau mau mencoba Spotify Greenroom nih, Be-emers?

Baca Juga: Berapa yang Didapatkan Industri Musik dari Spotify dan Youtube?