Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Tembus Angka 2 Juta

Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Tembus Angka 2 Juta Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Jumlah total kasus virus corona yang dikonfirmasi di Indonesia melewati angka 2 juta pada hari Senin (21/06), dan angka tersebut merupakan total tertinggi sejak wabah ini dimulai, lho!

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, Indonesia telah menambahkan 14.536 kasus baru dalam 24 jam terakhir dengan total 2.004.445 kasus, termasuk 54.956 kematian.

Angka tersebut mengalahkan jumlah tertinggi harian sebelumnya, yaitu 14.518 kasus yang tercatat pada 30 Januari, di tengah kekhawatiran atas varian Delta yang muncul.

Pertama kali terdeteksi di India, varian Delta atau strain B.1.617.2 diyakini lebih menular daripada virus asli penyebab Covid-19.

Pemerintah telah mengkonfirmasi setidaknya 104 kasus Delta, termasuk sebanyak 75 di Jawa Tengah dan 20 di Jakarta.


Baca Juga: Duh, Varian Delta dari Covid-19 Diperkirakan Akan Dominasi Indonesia!

Melalui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan pemerintah daerah untuk mendirikan lebih banyak “fasilitas isolasi terpusat” menggunakan bangunan umum di sekitar daerah untuk mengekang penyebaran virus dan penyakit, serta mengurangi beban rumah sakit.

Jakarta adalah daerah paling parah yang dilanda wabah dengan total 479.043 kasus atau 24 persen dari penghitungan nasional. Ibukota telah sering mengalahkan rekornya sendiri dalam jumlah harian selama beberapa pekan terakhir.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta  melaporkan rasio hunian tempat tidur rumah sakit Covid-19 sudah mencapai 90 persen, sedangkan yang tersedia hanya 19 persen tempat tidur ICU.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Widyastuti, ada 106 rumah sakit di seluruh Jakarta, termasuk 13 rumah sakit milik pemerintah kota yang sepenuhnya diperuntukkan bagi pasien Covid-19. Kapasitas gabungan adalah 9.000 tempat tidur isolasi dan 1.000 tempat tidur ICU.

Lebih dari 60 persen kasus yang dikonfirmasi telah dilaporkan di Jawa, pulau terpadat di negara ini yang terdiri dari enam provinsi: Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

Baca Juga: Hati - Hati, Uang Buluk Bisa Menularkan Covid-19!