Mengenal Porang, Sumber Daya Indonesia yang Dilirik China

Porang Illustration Bisnis Muda - Image: Google

Like

Selama ini, batu bara jadi salah satu sumber daya alam Indonesia yang cukup banyak dilirik oleh negara lain, tak terkecuali China. Namun, ternyata tanaman porang juga diminati di pasar ekspor lho, Be-emers.

Dilansir Bisnis, di awal tahun 2021, Bali bahkan berencana untuk mengekspor 5.000 ton porang ke China lho! Bahkan, ekspor tersebut jadi komoditas baru yang dijajaki Bali untuk diekspor ke luar negeri nih, Be-emers.

Menurut data Kementerian Perdagangan, ekspor porang selama tahun 2020 telah meningkat hingga 23,35 persen secara year-on-year (YoY)! Ekspor porang terbesar yakni ke China, Thailand, dan Malaysia nh.

Selama rentang waktu 2016-2020, tren ekspor porang telah meningkat 40,19 persen. Sementara itu, dari data Badan Karantina Pertanian (Barantan), di semester pertama 2020, ekspor komoditas porang sudah mencapai angka 14,8 ribu ton.

Baca Juga: Demand Global, Ledakan Perdagangan Ekspor China Dikabarkan Berlanjut Lho!
 

Apa Itu Porang?

Berbentuk bulat dan berserabut, porang ini merupakan jenis umbi-umbian lho, Be-emers! Bernama Amorphophallus Muelleri Blume, porang termasuk keluarga Araceae.


Meski masuk dalam komoditas, hasil tanaman porang ini berupa umbi. Namun, porang ini mengandung glucomannan yang berbentuk tepung.

Sekedar info nih, glucomannan ini juga dianggap sebagai serat makanan lho. Dilansir dari Ideloka, glucomannan juga umumnya digunakan sebagai aditif makanan atau sebagai emulsifier dan pengental.

Beberapa manfaat dari porang, antara lain:
  • Bahan pembuat lem ramah lingkungan dan campuran pembuatan kertas
  • Isolator listrik
  • Bahan baku mi
  • Penjernih air
  • Pengental sirup, es krim, dan formulasi tablet.
  • Pengganti gelatin

Sementara itu, porang juga bermanfaat untuk kesehatan kita lho, Be-emers. Di antaranya yaitu bisa mengurangi kadar kolesterol, menjadi bahan baku makanan diet.

Selain itu, porang juga mengandung karbohidrat lebih dari 80 persen! Porang pun diketahui mengandung vitamin A dan B yang lebih tinggi dari kentang.

Makanya, enggak heran deh kalau negara lain mengincar porang dan jadi salah satu sumber ekspor terbesar di Indonesia.
Kamu tertarik buat berbisnis dengan bahan baku porang enggak nih, Be-emers?

Baca Juga: Ekspor Mobil Indonesia ke Filipina Terhambat Safeguard! Apa Itu?

Kamu tertarik buat berbisnis dengan bahan baku porang enggak nih, Be-emers?


Buat kamu yang punya cerita atau ingin berbagi pengalaman seputar investasi, bisnis, keuangan, hingga lifestyle, share tulisan kamu sekarang yuk di Bisnis Muda!