Usia Muda Adalah Aset Emas untuk Memulai Bisnis

future leaders

Like

Hello future leaders ! saatnya Yang Muda Yang Cuan !
 

" No matter what age you are, you can still dream big and do big things "

 

Gimana sih caranya dapat cuan dari bisnis? Caranya cukup mudah loh! yaitu dengan sebuah IMPIAN. 

Tahukah sahabat Bisnis Muda, salah satu nilai terpenting yang dapat ditemukan pada perusahaan yang bagus adalah menekankan pentingnya mengejar dan menghidupkan impian. Berawal dari sebuah impian, kita akhirya bisa membuat perencanaan untuk menciptakan ide inovatif pada sebuah bisnis.

Langkah awal yang dapat dilakukan sahabat Bisnis Muda sebelum create bisnis adalah kumpulkan data studi kasus yang berkaitan dan buatlah ide bisnis di mulai dari solusi, model keuntungan dan target harus jelas. Setelah itu, fokus pada sesuatu kemampuan dan hal yang paling disukai oleh diri sendiri dan jangan melompat ke bidang lain.

Sudah punya ide dan perencanaan tapi modal masih belum cukup? Sebagai perusahaan rintisan jangan lupa untuk hitung setiap laju pengeluaran, dan buat prototipe kepada customer dan tester untuk membangun bisnismu.

Dengan hal ini, sahabat Bisnis Muda akan mendapatkan arahan perbaikan dan munculnya ide-ide baru. Untuk awal dalam mendirikan bisnis, lebih baik mencari partner dulu baru investor. Kemudian jika putaran pendanaan dimulai, anda bisa mencari investor yang cocok yang sesuai dengan bisnis anda dan tunjukkan kerja keras anda selama ini kepada dunia.


Kemudian, bagaimana cara meyakinkan investor ?
1. Membuat proposal bisnis
2. Membuat model pendapatan dan keuntungan
3. Memberikan fakta dan data
4. Tunjukkan juga bisnismu untuk membantu sesama manusia


Setelah mendapatkan persetujuan dari investor, jangan lupa untuk membuat daftar kepemilikan saham. Memberikan semua saham kepada orang kunci di awal agar perusahaan bisa terus bertahan, minimal 60 persen akan lebih baik dari 90 persen atau bisa juga CEO 80 persen pendiri lain 20 persen.

Dalam dunia bisnis adalah bermain kecepatan untuk memanfaatkan peluang dan momentum, kemudian dalam upaya pengembangan bisnis mulailah untuk merekrut pengembang yang berpengalaman lebih dari tujuh tahun atau anggap saja untuk posisi level C (level c artinya mereka sudah sangat hebat). Pada saat mendirikan perusahaan rintisan, waktu sulitnya akan panjang dan satu-satunya hal yang bisa buat bertahan adalah rasa sukamu terhadap pekerjaan itu.

Seiring berjalannya waktu, jangan lupa untuk selalu mempelajari produk dan peluang terbaru, mencari tender dan masukkan proposal bisnis ke tender untuk meningkatkan insight cuan pada bisnismu! Selanjutnya dalam upaya peningkatan skala usaha, sahabat Bisnis Muda harus punya strategi pertumbuhan, mimpi dan harapan serta tujuan yang jelas dan bagus untuk kedepannya. Meningkatkan skala usaha, dapat dilakukan dengan investasi di litbang, mengikuti event lomba untuk mengetahui apakah dapat bersaing dan di akui oleh publik dan beri kesempatan kepada masyarakat untuk memberi penilaian secara rasional terhadap perusahaanmu.

Tapi di usia yang terlalu muda ini, belum ada pengalaman dalam dunia bisnis, gimana min? Sukses bukanlah soal kehebatan, sukses adalah soal konsistensi.

Wajar jika pernah gagal, tapi ketika jatuh harus bisa bangkit lagi! Justru di usia muda ini setiap kesalahan adalah pendapatan yang baik buat kalian.

Jika kamu tidak berkorban untuk impianmu, impianmu itulah yang akan jadi pengorbanannya. Bill Gates, Warren Buffet, Jack ma, Larry Page, Jack Welch, Mark zuckerberg, perbedaan orang-orang ini dengan orang lain adalah mereka selalu optimis dengan masa depan. Mereka tidak pernah mengeluh, mereka selalu mencoba menyelesaikan masalah orang lain.

Jadi ketika kamu optimis, selalu akan ada peluang dan aset terbaik yang kamu miliki adalah kamu masih muda!
 

#youngcompetitionbisnismudaid #bisnismuda #yangmudayangcuan