Cuan Maksimal dari Investasi Kripto, Lengkap dengan Tutorial Agar Profit Konsisten

Aset digital berupa koin-koin kripto (sumber : suara.com)

Like

Kripto atau Cryptocurrency merupakan mata uang digital berupa koin-koin yang mempunyai nilai tukar terhadap Rupiah atau mata uang lainnya. Nilai tukar yang dimaksud seperti halnya perbedaan nilai mata uang Dollar Amerika terhadap Rupiah, 1 Dollar Amerika saat ini kira-kira bernilai 14 ribu Rupiah.

Perbedaan yang paling mendasar antara mata uang konvensional dengan aset kripto adalah aset kripto merupakan aset digital sehingga tidak memiliki bentuk fisik, sementara uang konvensional memiliki bentuk fisik seperti halnya uang Rupiah yang biasa kita gunakan untuk melakukan transaksi sehari-hari.

Sampai sini mungkin anda masih bingung tentang apa itu kripto, namun anda pastinya pernah mendengar nama Bitcoin (BTC) dalam beberapa tahun terakhir ini bukan? Ya, Bitcoin merupakan salah satu contoh dari aset kripto yang sangat terkenal. Sebagai aset kripto yang pertama kali muncul, Bitcoin sering juga dianggap ibu dari semua koin kripto.

Aset-aset kripto selain Bitcoin dinamakan juga Altcoin dan Memecoin. Altcoin jumlahnya ada ratusan, beberapa contoh Altcoin yang populer adalah Ethereum (ETH), Cardano (ADA), Binance (BNB), Litecoin (LTC), Ripple (XRP), Tron (TRX), Ziliqa (ZIL), Bittorent (BTT) dan masih banyak Altcoin lainnya. Kelompok ketiga dari aset kripto adalah Memecoin atau koin yang dibuat untuk sekedar lucu-lucuan seperti Dogecoin (DOGE) dan Shiba Inu (SHIB).

Bitcoin dan koin-koin lainnya memiliki nilai tukar sendiri terhadap Rupiah dan mata uang negara lain di dunia, dari tahun ke tahun nilai aset kripto mengalami kenaikan yang lumayan bagus untuk dijadikan lahan investasi.


Sebagai contoh harga 1 Bitcoin di tahun 2012 sekitar 63 ribu Rupiah saja, sedangkan pada tahun 2021 harga 1 keping Bitcoin mencapai 500 juta Rupiah. Bahkan jika kita menjualnya di akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021 harga 1 Bitcoin mencapai 800 sampai 980 jutaan.

Peningkatan nilai yang begitu signifikan dari mata uang digital ini akan sulit atau mungkin mustahil terjadi pada mata uang konvensional, hanya dalam waktu kurang lebih 9 tahun terjadi kenaikan beribu-ribu kali lipat dari 63 ribu saja menjadi 500 jutaan.

Ada beberapa sebab harga Bitcoin terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, terutama adalah tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi (Trust) dan supply atau peredaran dari Bitcoin itu sendiri dibatasi hanya sebanyak 22 juta keping saja.

Dengan begitu tidak mengherankan harganya akan naik setiap tahunnya karena dalam hal ini hukum ekonomi berlaku, dimana ketersediaan barang di pasar yang terbatas (Supply) dan permintaan pembeli yang makin banyak (demand) akan membentuk sebuah harga yang makin tinggi.

Dengan begitu kripto menjadi Investasi yang sangat menggiurkan jika dilakukan dengan cara yang benar, namun perlu pengetahuan dan informasi yang lengkap sebelum kita benar-benar terjun untuk investasi di dunia cryptocurrency.

Mungkin anda berpikir terlalu berat saat ini untuk melakukan investasi Bitcoin yang harganya sudah ratusan juta rupiah, apalagi jika anda saat ini hanya punya modal sedikit untuk diinvestasikan dalam koin kripto.

Jika harga Bitcoin 500 juta maka dengan modal 1 juta kita hanya akan mendapat sebagian kecil aset Bitcoin saja, jumlah kepemilikan yang kecil itu tentu menjadi tidak begitu efektif saat ada kenaikan harga Bitcoin.

Misal, kita membeli aset Bitcoin yang jumlah Rupiahnya 1 juta yaitu sekitar 0,002 keping dengan asumsi harga Bitcoin 500 jutaan, maka nilai aset kita akan naik sebesar 10 ribuan saat harga Bitcoin menjadi 510 jutaan.

Berbeda ceritanya saat kita punya aset minimal 1 keping Bitcoin dengan modal 500 juta, aset kita akan mengalami kenaikan 10 juta saat harga Bitcoin naik 10 juta. Secara persentase memang kenaikan nilai kedua nya sama, namun jumlah Rupiah keuntungan dari keduanya sangatlah berbeda.

Untuk itu bagi kita yang memiliki modal kecil sebaiknya mulai melirik koin alternatif yang sangat potensial memiliki harga tinggi di masa depan. Seperti saya sebutkan di awal bahwa kripto bukan hanya Bitcoin, masih banyak koin lainnya dengan harga jauh lebih murah untuk kita beli dan kemudian kita simpan.

Salah satu contohnya adalah koin Cardano yang saat ini harganya 20 ribuan, jadi jika kita punya uang 1 juta maka kita bisa membeli 50 keping koin Cardano. Dengan memiliki 50 keping Cardano maka saat koin itu mengalami kenaikan harga kita akan mendapat banyak keuntungan, misalkan saja pada tahun 2024 harga 1 keping Cardano adalah 100 ribu Rupiah maka aset kita yang semula hanya 1 juta akan mengalami kenaikan menjadi 5 juta Rupiah.

Koin-koin lainnya juga bisa dibeli dengan harga yang berbeda, ada yang harga tiap kepingnya ratusan juta, puluhan juta, jutaan, ratusan ribu, puluhan ribu, ribuan, ratusan bahkan puluhan Rupiah saja. Dengan begitu kita bisa memilih dan menentukan sendiri aset kripto mana yang akan dibeli menyesuaikan dengan kemampuan dari keuangan kita.

Tapi, apakah Altcoin dan Memecoin juga mengalami kenaikan nilai tukar seperti halnya Bitcoin? Tiap aset kripto termasuk Bitcoin, Memecoin dan semua Altcoin akan mengalami kenaikan atau penurunan nilai tukar dari waktu ke waktu, nilai kripto bergerak sangat dinamis naik dan turun terutama dalam jangka waktu yang pendek. Sementara jika kita menginvestasikan uang dalam koin kripto dalam jangka waktu yang lama, maka nilai koin cenderung naik sehingga akan sangat menguntungkan bagi kita.

Sebagai contoh, harga Dogecoin pada pertengahan tahun 2020 hanya berkisar 470 Rupiah saja 1 kepingnya, sementara pada bulan Mei 2021 harga Dogecoin sudah diatas 5.000 Rupiah untuk setiap kepingnya. Benar-benar sebuah investasi yang sangat menggiurkan bukan?

Namun, hal tersebut tidaklah semudah yang kita bayangkan, bisa saja kita rugi terutama jika kita membeli dan menjual aset tersebut dalam jangka waktu yang pendek. Misalkan kita membeli harga Dogecoin saat harganya 6.000 untuk 1 kepingnya, kemudian saat ini kita akan menjualnya ketika harga koin tersebut hanya sekitar 3.000 Rupiah saja. Sebuah kerugian besar, sehingga hal tersebut malah akan menurunkan nilai aset kita, jika kita membeli Dogecoin saat harga 6000 dan menjualnya di angka 3000 maka kita akan kehilangan aset sebesar 50 persen.

Untuk itu, sebelum kita memulai investasi dalam koin kripto, ada baiknya kita memahami dulu manfaat dan resiko yang mungkin akan terjadi kedepannya.

Harga koin kripto memang sangatlah fluktuatif, nilainya bergerak naik dan turun bahkan terkadang sangat cepat, sehingga seringkali harganya keluar jauh dari analisa yang kita lakukan. Selain dipengaruhi oleh nilai koin itu sendiri, harga sebuah koin kripto juga bisa naik atau turun terpengaruh oleh hal diluar nilai asli koin tersebut.

Sering terjadi hanya karena adanya sentimen positif atau negatif dari tokoh dunia atau sebuah lembaga negara harga koin mengalami kenaikan atau penurunan nilai tukar. Sebagai contoh ketika ada cuitan Elon Musk di Twitter tentang Dogecoin, harga Dogecoin melonjak berkali-kali lipat. Atau ketika ada kabar pemerintah China melarang penambangana Bitcoin di wilayahnya, harga Bitcoin turun diikuti penurunan harga dari koin-koin lainnya.

Hal ini menimbulkan resiko yang sangat besar, terutama jika kita membeli aset tersebut hanya untuk tujuan trading jangka pendek yang mengambil keuntungan dari perubahan nilai tukarnya saja.

Aset kripto dikenal memiliki sistem keamanan yang baik, itulah sebabnya dari tahun ke tahun kepercayaan masyarakat dunia semakin meningkat untuk melakukan Investasi pada aset kripto ini.

Seperti sudah disebutkan di atas, aset kripto ini aset dalam bentuk digital dan tidak memiliki bentuk fisik seperti umumnya sebuah koin. Sehingga untuk menyimpan aset tersebut dibutuhkan sebuah dompet digital atau bisa juga kita menyimpannya di website atau aplikasi yang menyediakan jasa pertukaran aset digital (exchange) seperti Tokocrypto.

Aset akan aman tersimpan selama kita menjaga kerahasiaan informasi diri kita sendiri, karena aset digital ini menggunakan pola desentralisasi yang artinya keamanan aset benar-benar bergantung kepada diri kita sendiri.

Pola desentralisasi di dunia kripto memiliki arti aset kita tidak disimpan dan dikumpulkan dalam satu tempat, melainkan disimpan di jutaan tempat yang tersebar di internet dengan tingkat keamanan yang tinggi karena setiap aset akan memiliki kode yang sudah terenkripsi dengan baik .

Dengan tersebarnya tempat penyimpanan aset, maka hal tersebut menyulitkan Hacker untuk membobol dan mencuri semua aset yang kita miliki, dalam dunia kripto tiap pemilik aset memegang kunci keamanan asetnya sendiri-sendiri.

Untuk itu, kita sebagai pemilik aset haruslah berhati-hati dalam menyimpan data password atau data keamanan lainnya, ada baiknya data-data seperti itu tidak disimpan di perangkat elektronik yang terhubung dengan internet. Lebih bagus kita bisa mengingatnya atau jika takut lupa bisa juga ditulis pada kertas untuk kemudian kita simpan di tempat yang aman.
 

Cara Investasi Kripto Agar Profit Konsisten

1. Investasi di koin kripto, bukan untuk trading harian

Pastikan kita melakukan investasi di koin kripto ini, menyimpan kepingan koin dalam jangka waktu tertentu untuk kemudian kita jual saat nilai koin tersebut lebih tinggi. Dengan tujuan kita melakukan investasi, kita tidak akan mudah terpengaruh dan panik untuk menjual aset kita saat harga koin yang kita miliki tiba-tiba nilainya turun.

Sederhananya saat kita membeli sebuah aset kripto niatkan saja benar-benar untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama. Menyimpannya demi masa depan sehingga kita benar-benar mendapatkan manfaat maksimal dari investasi aset digital ini.

Untuk jangka waktu lamanya kita menyimpan aset, bisa disesuaikan dengan rencana jangka panjang keuangan kita. Bisa juga kita melepas aset yang kita miliki saat harganya sudah memberi kita keuntungan berlipat dari modal awal yang kita investasikan. Jadi, di dalam investasi aset digital ini tidak ada keterikatan waktu kapan kita membeli atau menjual aset kita sendiri, itulah mengapa investasi ini sangat menarik untuk kita coba.

Investasi berbeda dengan kita membeli kripto dengan tujuan trading harian, trading bertujuan mencari keuntungan dari perbedaan nilai tukar koin setiap waktu. Dalam trading, kita bisa membeli dan menjual aset dalam hitungan jam atau hari, membeli aset saat harganya murah lalu menjualnya saat terdapat selisih keuntungan.

Namun untuk bisa mahir dan profit konsisten saat melakukan trading aset digital dibutuhkan pengetahuan yang baik dan pengalaman yang cukup. Trading kripto juga sebenarnya bagus, namun tidak disarankan bagi kita yang belum benar-benar memahami teknik trading yang benar serta masih pemula di dunia kripto. 
 

2. Gunakan uang yang aman

Uang yang aman maksudnya uang yang tidak digunakan untuk kebutuhan kita sehari-hari, uang yang bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Uang yang aman akan menjamin kita bisa cuan maksimal, memberi manfaat yang besar dari investasi ini. Kita tidak perlu menjualnya saat nilai koin sedang turun, menahan aset untuk kemudian dijual ketika dirasa sudah sangat menguntungkan.

Kondisinya akan berbeda jika kita menggunakan uang yang tidak aman, kita akan dipaksa menjual aset kripto saat ada kebutuhan mendadak walaupun saat itu harga aset sedang terjun jauh dibawah harga beli. Itu tentunya akan sangat merugikan kita karena selain jumlah uang yang kita terima semakin kecil, kita juga akan dirugikan oleh lamanya waktu menyimpan koin.

Untuk itu, dalam melakukan investasi ini wajib menggunakan uang yang aman atau uang cadangan yang benar-benar tidak terkait dengan kebutuhan harian atau modal usaha kita.

Penurunan nilai aset kripto kerap terjadi terutama dalam waktu yang singkat, namun penurunan nilai tersebut sejatinya sama sekali tidak menurunkan jumlah aset kita. Sebagai contoh, seperti di atas kita membeli 50 keping koin Cardano dengan harga perkepingnya 20 ribu, sehingga uang yang kita investasikan pada koin itu senilai 1 juta Rupiah.

Misalkan satu bulan kemudian terjadi penurunan nilai koin tersebut menjadi 18 ribu Rupiah, sehingga hal tersebut memangkas nilai uang kita yang semula 1 juta menjadi tinggal 900 ribu saja. Secara nilai memang terjadi penurunan sebesar 100 ribu, namun sebenarnya besaran aset kita tetap sama yaitu 50 keping koin Cardano.

Dengan menggunakan uang yang aman kita bisa tenang menghadapi kondisi seperti ini, karena jumlah aset kita tidaklah berkurang sama sekali. Nilai aset kita pada akhirnya akan naik atau turun seiring adanya kenaikan atau penurunan harga dari kepingan koin Cardano itu sendiri.

Kabar baiknya dari aset kripto adalah sampai saat ini koin yang memiliki fundamental bagus akan terus menerus mengalami kenaikan harga dari tahun ke tahun, sehingga investasi di aset kripto memang memiliki masa depan yang cerah.
 

3. Beli aset yang memiliki fundamental bagus

Sebelum mencoba untuk membeli aset kripto, ada baiknya kita mencari beberapa informasi penting mengenai koin kripto yang akan kita beli. Pahami rencana jangka panjang koin-koin itu diciptakan.

Lalu, pertimbangkan apakah rencana mereka akan sangat berguna di masa yang akan datang? Jika kita pikir koin itu adalah koin yang potensial digunakan pada masa depan, maka tidak ada salahnya kita mulai membeli koin kripto tersebut.

Perlu dipahami juga bahwa koin-koin kripto diciptakan dengan maksud dan tujuan yang berbeda satu sama lainnya, ada yang yang hanya lucu-lucuan ada juga koin yang diciptakan untuk tujuan tertentu. Untuk mengetahui tujuan masing-masing koin diciptakan bisa kita cari informasinya di Google, baca secara teliti agar kita tidak salah dalam menentukan aset mana yang akan kita beli.

Aset digital yang memiliki fundamental bagus maksudnya koin tersebut harus memiliki arah proyek masa depan yang jelas, dikembangkan oleh tim yang dapat dipercaya serta memiliki kemungkinan digunakan oleh banyak kalangan di masa depan.

Aset kripto yang memiliki fundamental bagus menjadi salah satu syarat mutlak bagi kita untuk mulai melakukan investasi jangka panjang, hal tersebut akan memberi kita rasa aman terhadap kemungkinan nilai aset kita menjadi turun atau bahkan hilang tidak bernilai.

Namun bagi anda yang berniat melakukan trading harian, memilih koin yang memiliki fundamental bagus bukanlah hal utama. Karena dalam trading harian kita hanya perlu menganalisa pergerakan harga dalam jangka pendek saja.
 

4. Investasi di beberapa aset Kripto

Investasi dalam satu koin kripto tidaklah disarankan, ada baiknya kita membeli minimal tiga aset kripto untuk menjaga kemungkinan aset yang kita andalkan malah turun nilainya. Dengan membeli dan menyimpan tiga aset setidaknya kita akan mendapat lebih banyak peluang untuk tetap terus cuan secara konsisten daripada hanya membeli satu saja jenis koin kripto.

Pilih tiga koin yang benar-benar memiliki potensi yang bagus menurut kita untuk jangka waktu yang panjang, lihat dari beberapa sisi dan sudut pandang bagaimana kemungkinan yang akan terjadi pada koin-koin pilihan kita di masa depan.

Keputusan untuk membeli koin tertentu saat ini akan menjadi awal dari kemungkinan untung atau kerugian yang akan kita dapatkan di masa yang akan datang, untuk itu berhati-hatilah dan pilih dengan teliti sebelum kita memutuskan untuk membelinya.
 

5. Tetap waspada dan ikuti perkembangan dunia kripto

Waspada adalah bagian yang sangat penting dalam dunia investasi, jangan sampai karena kita lengah dan terlalu percaya pada akhirnya kita kehilangan aset yang kita miliki. Terus mengikuti perkembangan dunia cryptocurrency adalah salah satu bentuk nyatanya, amati perkembangan dunia kripto dengan membaca banyak berita tentang kripto dari sumber yang dapat dipercaya.

Lihat juga perkembangan nilai aset yang kita investasikan secara berkala, apakah terjadi kenaikan nilai atau malah sebaliknya. Jika terjadi penurunan nilai lihat sebab dan akibatnya, apakah itu hanya sebuah koreksi harga sehingga turun atau ada sebab lain yang fatal.

Jika ternyata aset yang kita beli terus menunjukan tanda-tanda akan turun dan banyak kehilangan nilai di masa yang akan datang, ada baiknya segera kita jual untuk kemudian membeli aset lain yang lebih memiliki potensi mengalami kenaikan nilai.

Dengan kewaspadaan dan mengikuti perkembangan kripto seperti itu, setidaknya kita tahu tingkat efektifitas investasi kita dari waktu ke waktu. Karena investasi yang baik akan memiliki perkembangan dan penambahan nilai yang baik pula dari waktu ke waktu.

Sebagai kesimpulan, investasi kripto mempunyai masa depan yang cerah jika dilakukan dengan cara yang benar. Mulailah dari investasi dengan nilai yang kecil sampai kita benar-benar memahami tentang dunia cryptocurrency, setelah mulai memahami kita bisa menambahkan nilai investasi kita sedikit demi sedikit.

Investasi aset digital ini akan memiliki perkembangan yang bagus kedepannya, seiring perubahan tatanan kehidupan masyarakat dunia yang semakin sering menggunakan sesuatu yang terhubung dengan dunia digital. Era investasi aset digital baru saja dimulai, kita bisa menentukan pilihan apakah akan memulainya saat ini atau menunggu nanti saat aset ini sudah benar-benar populer?

Betul, kita sendirilah yang menentukan, sukses karena berani mencoba investasi kripto atau menunggu untuk mengekor kesuksesan orang lain dari aset digital ini.


#youngcompetitionbisnismudaid #bisnismuda #yangmudayangcuan