Mengenal Batista Brothers, Miliarder Brazil yang Makin Kaya Meski Baru Keluar dari Penjara

JBS Brothers yang Semakin Kaya Meski Dipenjara Illustration Bisnis Muda - Image: Wikimedia

Like

Nama Joesley dan Wesley Batista sempat menggemparkan dunia karena skandal mega korupsi dan membuat mereka harus masuk penjara. Anehnya, kakak-beradik miliarder Brazil itu dikabarkan semakin kaya meski baru keluar dari penjara lho!

Juli 2021 menjadi bulan kebebasan bagi Joesley dan Wesley Batista. Menariknya, dilansir Bloomberg, perusahaan mereka yakni JBS bernilai tiga kali lipat dari sebelumnya!

Perusahaan tersebut diketahui beroperasi di 20 negara dan mengendalikan seperempat pemrosesan daging sapi AS lho. Menurut data Bloomberg, Joesley dan Wesley Batista memiliki kekayaan US$5,8 miliar dan memegang saham di perusahaan dengan aset US$28 miliar!

Baca Juga: Polemik Kasus Asabri: Kronologi dan Berapa sih Hasil Investasinya?


 

Bisnis Daging JBS Illustration Bisnis Muda - Canva



Mengenal JBS, Perusahaan Daging yang Kuasai Dunia

Di tahun 1953, Patriark Jose Batista Sobrinho mendirikan perusahaan dengan inisial namanya. Ia menetap di kota Brasilia yang saat itu masih dibangun.

Di sana, JBS menjual daging kepada para pekerja konstruksi yang mendirikan ibu kota negara baru. Hingga akhirnya, anak-anak Joe Batista pun ikut bergabung dalam bisnisnya itu.

Anak-anak Jose, yakni Joeley dan Wesley Batista, berhasil mengubah usaha tersebut menjadi kerajaan daging global selama satu dekade! Dengan dana US$20 miliar yang dibiayai dengan saham dan utang, dengan bantuan bank pembangunan milik negara Brasil, JBS melakukan akuisisi.

Namun, di tahun 2017, pemerintah Brazil rupanya berusaha membasmi korupsi. Dari situlah, Joesley dan Wesley rupanya masuk dalam daftar orang yang menjadi tahanan negara karena kasus korupsinya.

Saat itu, disebutkan Bloomberg, mereka menggambarkan kepada jaksa jaringan suap yang mencakup lebih dari 1.800 politisi yang diduga memudahkan akses ke bank-bank milik pemerintah dan dana pensiun pada saat otoritas Brasil mengucurkan uang murah ke beberapa perusahaan.

Alhasil, untuk menenangkan kreditur, mereka kehilangan aset 12 miliar reais. Hal itu termasuk menenangkan produsen susu dan bisnis di Uruguay dan Paraguay, dalam restrukturisasi utang yang kompleks dan bisa menghancurkan perusahaan.

Belum lagi, JBS juga harus meyakinkan peternak sapi untuk menunggu sampai mereka memiliki uang tunai untuk membayar mereka.

 

Bisnis Daging JBS Illustration Bisnis Muda - Image: Wikimedia


Lalu, Kenapa JBS Masih Bisa Cuan?

Rupanya, meski harus menyelesaikan permasalahan kasus korupsi dan restrukturisasi utang, keluarga Batista diketahui tetap mengendalikan usaha pengemas dagingnya yang berharga lho, Be-emers.

Selain itu, Bloomberg menyebutkan kalau Wesley dan Joesley enggak pernah mengambil kembali kendali bisnis dan menghilang dari kehidupan publik. Di saat kedua bersaudara itu dipenjara, anggota keluarga lainnya juga ikut campur untuk mengurus bisnis JBS.

Diketahui, Wesley Batista Filho yang masih berusia 30 tahun, kini menangani unit kunci di JBS dan sedang dipersiapkan untuk posisi teratas menggantikan sang ayah. Namun, Filho tetap harus melewati “tradisi keluarga”, yakni dengan mulai bekerja di pemotongan hewan dan mempelajari setiap bagian dari bisnis keluarganya.

Selain itu, pandemi Covid-19 juga ternyata membuat harga protein hewani melonjak di tengah demand yang tinggi dari masyarakat. Enggak heran, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, JBS telah mengalahkan sebagian besar saingannya dengan lonjakan pendapatan hingga 69 persen pada tahun lalu.

Nah, kalau kamu menjalani bisnis keluarga kayak Keluarga Batista, strategi apa yang akan kamu lakukan untuk menyelamatkan keuangan keluarga kamu?