Cara Mengobati Ikan Guppy yang Terkena Jamuran

Ikan Guppy (Sumber gambar: ikanesia.id)

Like

Ikan Guppy merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki banyak peminatnya. Baik mulai dari masyarakat Indonesia hingga ke luar negeri. Merawatnya pun terbilang cukup mudah asal kita tahu bagaimana caranya.

Tidak terlepas dari berbagai penyakit yang dapat menyerang ikan. Salah satunya adalah white spot atau bintik putih. Penyakit ini ialah yang sering kita temui pada ikan ikan Guppy. 

Sebagaimana yang dilansir dari ikanesia.id, white spot memiliki ciri-ciri yaitu terdapat bintik-bintik putih pada bagian tubuh ikan Guppy. Bintik putih ini lah yang disebut dengan jamur atau parasit yang menempel pada tubuh ikan. Apabila dibiarkan terlalu lama akan membuat tubuh ikan menjadi lemas dan mati.

Cara mencegah white spot ini terjadi, ialah dengan memperhatikan kualitas air dan jangan lupa mengkarantina ikan yang baru datang setelah kalian membelinya, karena bisa saja white spot ini berasal dari ikan yang baru datang.

Atau kalian juga bisa menggunakan heater pada akuarium yang settingnya mencapai 30 derajat celcius. Dengan suhu itu, jamur atau parasit yang menempel pada tubuh ikan mati dengan sendirinya.


Namun, untuk cara pengobatannya itu melalui dua cara. Pertama mengobati dengan cara sekaligus dalam satu akuarium atau dilakukan dengan terpisah. 

Untuk cara mengobati sekaligus, sebaiknya filter dimatikan dan gunakan gelembung udara atau aerator saja. Cara mengobatinya ialah dengan memberikan malachite green oxalate 0,15 g/m3 air dan formaln 25 ml/m3 air selama 24 jam.

Setelah itu, kuras total dan masukan lagi air bersih ke dalam akuarium. Hal ini juga sama dilakukan jika memisahkan ikan yang sakit ke dalam wadah pengobatan.