Istilah-Istilah Crypto untuk Trader Newbie

Istilah-Istilah Crypto untuk Trader Newbie Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Di tengah perkembangan crypto yang sedang meningkat di seluruh dunia, mungkin masih banyak dari kalian yang masih asing dengan istilah-istilah yang ada di dalam dunia crypto, bukan begitu, Be-emers?

Terlebih lagi, bagi para trader newbie yang baru terjun ke dalam permainan crypto ini. Oleh karena itu, kamu harus mengenal berbagai istilah yang sering disebut dan diucapkan oleh para trader atau pemain kripto lainnya, nih.

Lalu, apa aja sih istilah-istilah yang wajib diketahui? Yuk kita bahas bersama!
 

Satoshi

Sebagai pencipta Bitcoin, nama depan Satoshi digunakan sebagai istilah untuk mengacu pada satuan terkecil dalam Bitcoin. Istilah tersebut biasa disebut juga sebagai “Sats” yang merupakan singkatan dari Satoshi.

Contoh dari penggunaan istilah ini adalah saat investor membeli Bitcoin dengan harga tertentu, lalu mendapatkan 0,00000001 BTC, nah maka investor mendapatkan 1 Satoshi.
 

Blockchain

Merupakan teknologi yang mendasari kripto, Blockchain berfungsi sebagai tempat penyimpanan data digital yang terbuka. Walaupun dapat diakses oleh siapapun, Blockchain menyimpan data transaksimu secara aman kok, Be-emers!
 

Altcoin

Istilah ini mengacu pada kata “alternative coin” atau koin alternatif yang merupakan mata uang digital lainnya selain Bitcoin.

 

FOMO

Fear of Missing Out atau yang lebih kita kenal dengan FOMO merupakan sebutan bagi para investor atau trader yang terburu mengambil keputusan atau mengikuti saran dari senior ataupun pasar dalam membeli atau menjual aset kripto karena takut kehilangan kesempatan.

Nah, istilah ini seringkali ditujukan kepada investor dan trader newbie lho, Be-emers. Mereka seringkali mengikuti apa yang banyak orang lakukan karena takut melewatkan peluang yang menarik dan dianggap menguntungkan.

Kini, istilah FOMO telah masuk ke dalam Kamus Bahasa Inggris Oxford lho, Be-emers. Padahal, tadinya istilah tersebut hanya marak di media sosial saja. Cukup powerful, ya!
 

HODL

Kalau normalnya kita biasa mengenal kata hold dalam bahasa Inggris, maka dalam dunia kripto terdapat istilah HODL, yang juga merupakan plesetan dari kata hold tersebut. HODL atau Hold On for Dear Life merupakan strategi mempertahankan dan menyimpan aset kripto.
 

Rekt

Mirip seperti HODL, rekt merupakan plesetan dari kata dalam bahasa Inggris “wrecked” yang menggambarkan pemain atau trader yang kalah dan membuat keputusan buruk. Istilah ini juga bisa digunakan untuk para investor yang merugi karena keliru dalam mengambil keputusan hingga kehabisan modal.
 

Pump and Dump

Istilah yang satu ini merupakan istilah yang digunakan dalam menggambarkan strategi dalam trading kripto yang dilakukan oleh investor.

Strategi tersebut dilakukan oleh sekelompok trader dengan memanipulasi dan menggiring opini investor terhadap aset kripto tertentu. Saat perhatian banyak orang tertuju pada salah satu koin tersebut, maka harganya akan turut meningkat, yang sama dengan istilah pump.

Dengan naiknya harga, para trader akan beramai-ramai menjual koin mereka. Nah, hal itulah yang membuat harga koin menjadi anjlok atau dump.

Nggak hanya itu, dump dapat terjadi ketika ada isu negatif yang masuk ke dalam pasar, yang akhirnya menyebabkan FUD. Apa itu?
 

FUD

FUD yang merupakan singkatan dari Fear, Uncertainty, and Doubt, yang merupakan strategi untuk menurunkan harga koin kripto agar bisa dibeli dengan harga murah. Biasanya, strategi ini menimbulkan kecemasan dan ketakutan kepada para trader karena adanya kabar buruk.
 

Bagholder

Nah, istilah satu ini menggambarkan trader yang merugi karena menyimpan aset berperforma jelek dalam waktu lama. Hal tersebut biasanya dilakukan investor dengan harapan bahwa harganya akan naik saat mereka gagal keluar ketika terjadinya pump and dump.
 

To the Moon

Pasti kalian sering mendengar istilah ini kan, Be-emers? Terutama di sosial media. Yup, istilah ini menggambarkan aset kripto yang sedang melambung tinggi, baik dari nilai hingga volume penjualannya, lho.

Awalnya, istilah ini sering digunakan pada forum Reddit yang akhirnya menjadi populer.

Kira-kira, istilah apa lagi ya yang perlu dibahas? Yuk, komen di bawah, Be-emers!