Resmi, Kini Pengguna Twitter Bisa Beri Tip Lewat Aplikasi Strike!

Strike App Illustration Web Bisnis Muda - Image: Kanal Youtube Bloomberg Technology

Like

Setelah di awal bulan September 2021 berbagai media bacaan memberitakan rencana Twitter yang bisa berikan tip lewat bitcoin, tepat pada hari Kamis (23/09), akhirnya rumor tersebut menjadi kenyataan.

Sedikit kilas balik dan menjadi lanjutan dari pemberitaan di awal bulan September, Twitter secara resmi terlebih dulu memperkenalkan fitur barunya bernama Tip Jar pada bulan Mei 2021.

Tip Jar sendiri adalah sebuah fitur yang dapat digunakan untuk memberikan uang atau tip kepada akun yang dianggap favorit atau dianggap membawa banyak dampak atau influence seperti halnya yang dilakukan oleh kreator konten, jurnalis hingga selebtwit.

Mulanya Tip Jar hanya bisa disalurkan lewat Bandcamp, Cash App, PayPal, serta Venmo.

Namun, seperti diketahui bahwa antusias CEO Twitter Jack Dorsey terhadap penggunaan cryptocurrency terkhusus Bitcoin sangat tinggi, yang akhirnya membuat rumor penggunaan Bitcoin pada platform Twitter ramai dibeberkan di awal bulan September 2021.


Menghimpun dari CNN, Twitter resmi merealisasikan fitur yang dapat mendukung Bitcoin menjadi salah satu metode pembayaran memberikan tip.

Fitur pendukung pemberian tip Bitcoin ini bernama Strike. Aplikasi Strike sendiri merupakan sebuah aplikasi dompet cryptocurrency terkhusus Bitcoin yang dilakukan lewat Lightning Network.

Lightning Network dipilih karena dirasa memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan terakomodir untuk sang kreator konten untuk dapat memberikan feedback kepada pemberi tip lewat ucapan terima kasih ataupun emoji.

Kendati demikian, aplikasi Strike untuk saat ini hanya dapat diakses di iOS dan akan dapat diakses untuk Android dalam beberapa waktu kedepan.

Melansir dari Whiteboardjournal, untuk saat ini, akses pemberian tip Bitcoin lewat aplikasi Strike sudah mulai berjalan di seluruh penjuruh El Salvador serta penjuruh Amerika Serikat kecuali New York dan Hawaii.

Selaras dengan hal ini, setelah sukses merealisasikan tip Bitcoin, Twitter sendiri akan berencana untuk menghubungkan dompet crypto dengan NFT.

Nantinya, Twitter akan mempermudah proses otentikasi NFT dan secara otomatis dapat terhubung kepada dompet crypto. Otentikasi itu akan disiapkan dalam bentuk badge khusus yang juga tersedia pada gambar profil.