Mengenal Generasi Sandwich dan Cara Memutus Rantainya

Generasi sandwich diibaratkan seperti sandwich yang berlapis-lapis (Sumber gambar: Freepik)

Like

Hai Be-emers, kalian tentu sudah pernah mendengar tentang generasi sandwich kan? Istilah generasi sandwich sendiri berkaitan erat dengan bentuk sandwich yang identik berlapis-lapis.

Jadi, secara umum generasi sandwich adalah seseorang yang menjadi generasi pelapis, yang mana dalam hal ini ia mempunyai tanggung jawab ganda untuk memenuhi kebutuhan 3 generasi sekaligus, yaitu orang tua, diri sendiri, dan juga anak.

Dengan demikian, beban yang harus dipikul oleh seseorang yang menjadi generasi sandwich sangatlah berat karena tanggung jawab mereka ada di generasi sebelum dan sesudahnya.

Sejatinya, situasi yang mengharuskan seseorang untuk menjadi generasi sandwich ini dapat dicegah ataupun diputus lho, Be-emers.

Caranya, tentu saja tidak datang dari hasil yang instan saja, tetapi juga melalui proses perjalanan yang bahkan semestinya sudah dipersiapkan dengan matang sedini mungkin.


Nah, kira-kira cara apa saja yaa yang dapat memutus rantai generasi sandwich? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!  

Baca Juga: Apa Tuh Generasi Sandwich? Milenial Mesti Waspada Nih
 

Beberapa Tips Memutus Rantai Generasi Sandwich

 

Generasi sandwich menanggung beban pada 3 generasi (Sumber gambar: Freepik)

 

1. Membangun Habbit Finansial dengan Baik Sejak Muda

Kehidupan finansial yang baik tentu saja hadir dari kebiasaan yang baik pula. Bagaimana kita mengelola dan mengatur keungan menjadi hal yang sangat krusial dalam rangka memutus rantai generasi sandwich.

Tanpa adanya kebiasaan keuangan yang baik, alur finansial kita tentu saja tidak dapat berjalan maksimal dan bahkan dapat mengantar kita ke dalam situasi yang sulit.

Apabila hal ini terjadi, maka akan sangat sulit untuk memutus generasi sandwich karena beban finansial cenderung akan tetap ada di generasi-generasi selanjutnya.  
 

2. Menyiapkan Dana Pensiun sebagai Investasi

Investasi merupakan salah satu kunci berhasilnya memutus rantai generasi sandwich. Dalam hal ini, persiapan dana pensiun sejak muda menjadi sangat penting.

Dana pensiun yang memadai tentu saja nantinya akan menciptakan kemandirian finansial di usia lanjut. Selain itu, kesiapan dalam menghadapi situasi-situasi yang membutuhkan finansial akan lebih terencana dan terorganisir melalui adanya dana pensiun.

Dengan demikian, seseorang cenderung tidak lagi menjadi beban bagi generasi-generasi selanjutnya sehingga peluang terputusnya rantai generasi sandwich pun akan makin besar.

Baca Juga: Cegah Generasi Sandwich, Ini Soal Dana Pensiun yang Perlu Kamu Ketahui
  

3. Memiliki Asuransi Kesehatan

Hampir sama dengan dana pensiun, asuransi kesehatan juga tidak kalah pentingnya untuk memutus rantai generasi sandwich. Seperti yang kita tau, dana kesehatan bukanlah sesuatu yang dapat dianggap remeh.

Biaya yang harus dipenuhi apabila terjadi kondisi-kondisi yang tidak diinginkan, misalnya sakit, tentu akan menguras biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, sebagai antisipasi akan risiko, tidak ada salahnya untuk segera mempunyai asuransi kesehatan.

Dengan persiapan yang matang seperti ini, beban yang harus ditanggung oleh generasi selanjutnya pun akan berkurang signifikan.
  

4. Hindari Utang dan Gaya Hidup Boros

Tips keempat untuk memutus rantai generasi sandwich adalah dengan menghindari utang dan gaya hidup boros. Utang dapat merusak alur finansial kita, terlebih lagi apabila kita kesulitan untuk membayarnya.

Apabila hal ini terjadi, maka mungkin saja generasi selanjutnyalah yang harus menanggung utang-utang generasi sebelumnya. Selain itu, hindarilah gaya hidup boros. Gunakanlah uang dengan bijak dan manfaatkanlah untuk mempersiapkan kebutuhan masa mendatang.

Nah, kira-kira itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memutus rantai generasi sandwich. Semoga artikel ini dapat menambah informasi bagi kalian semua ya, Be-emers!