Enggak Jadi Hadiri G20, Vladimir Putin Hindari Konflik?

Putin G20. (Foto: AP News)

Like

Puncak perhelatan G20 akan segera dilaksanakan di Bali. Banyak orang penting yang direncanakan akan hadir, salah satunya Putin. Namun Ia enggak jadi hadir nih, kenapa yaa?

Kegiatan internasional yang diselenggarakan di Indonesia, G20, akan mencapai acara puncaknya yaitu pertemuan puncak atau summit. 
 

G20 Summit Bali


KTT G20 Bali 2022 adalah pertemuan ke-17 Kelompok Dua Puluh (G20) mendatang, pertemuan puncak yang dijadwalkan berlangsung di Nusa Dua, Bali, Indonesia pada 15–16 November 2022.

Kepresidenan Indonesia dimulai pada 1 Desember 2021, menjelang KTT pada kuartal keempat tahun 2022. 

Topik utama yang dibahas pada KTT G20 adalah transformasi ekonomi digital, transisi energi, dan arsitektur kesehatan global. 


KTT G20 dilaksanakan sepanjang tahun dan pertemuannya dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia. Bali jadi tempat dilaksanakannya acara puncak KTT G20.

KTT G20 direncanakan akan dihadiri oleh banyak orang penting, pemimpin negara-negara G20, tokoh publik, brand ambassador instansi penting yang terkait, dan lainnya.

Baca Juga: Presidensi G20: Apa Manfaatnya bagi Perekonomian Indonesia?
 

Putin Batal Hadiri G20


Dilansir dari AP News, Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri KTT G20 di Indonesia minggu depan, kata seorang pejabat pemerintah Indonesia.

Keputusan Putin disinyalir untuk menghindari kemungkinan konfrontasi dengan Amerika Serikat dan sekutunya terkait perangnya di Ukraina.

Presiden AS Joe Biden, Presiden China Xi Jinping dan para pemimpin dunia lainnya akan menghadiri pertemuan puncak dua hari yang dimulai Selasa (15/11).

KTT itu akan menjadi pertama kalinya Biden dan Putin bersama dalam sebuah pertemuan sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari. 

Baca Juga: Dubes Rusia: Putin Akan Hadir di KTT G20 Bali

“Telah diinformasikan secara resmi bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri KTT G20, dan akan diwakili oleh pejabat tinggi, dan ini telah dibahas oleh Presiden Joko Widodo dan Putin dalam percakapan telepon sebelumnya,” kata Luhut Binsar Pandjaitan. 

Presiden Jokowi sebelumnya telah melakukan perjalanan ke Kyiv dan Moskow awal tahun dalam upaya untuk membuat kedua pemimpin itu duduk di Bali dan berdamai.

Kementerian Luar Negeri Rusia dan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengkonfirmasi Kamis malam bahwa Lavrov akan memimpin delegasi Rusia di KTT G20 alih-alih Putin.

Keputusan Putin untuk tidak menghadiri KTT itu terjadi ketika pasukan Rusia di Ukraina telah mengalami kemunduran yang signifikan. 

Militer Rusia mengatakan akan menarik diri dari Kherson, yang merupakan satu-satunya ibu kota wilayah Ukraina yang direbutnya dan pintu gerbang ke Semenanjung Krimea yang diduduki Rusia.

Baca Juga: Dalam Rangkaian G20, Indonesia Adakan T20! Apa Itu? Simak Agendanya

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.