Bagaimana Peluang Investasi Saham Emiten Infrastruktur Transportasi?

Investasi Saham Infrastruktur Transportasi. (Ilustrasi: Canva)

Like

Saham infrastruktur transportasi termasuk banyak diminati oleh investor, salah satunya JSMR. Memang, bagaimana peluang investasi saham infrastruktur transportasi khususnya JSMR?

JSMR merupakan emiten yang bergerak di bidang penyedia layanan jalan tol dan bisnis terkait lainnya. Dari banyaknya emiten infrastruktur transportasi, JSMR menjadi perusahaan yang menguasai jalan tol di Indonesia.
 

Emiten JSMR


Menjadi penguasa jalan tol apakah berarti emiten ini selalu profit dan peluang investasi khususnya di sahamnya akan selalu menguntungkan? JSMR merupakan BUMN yang memiliki market share besar dalam penguasa jalan tol di indonesia.

Hal ini memberikan insight kepada investor betapa menariknya bisnis jalan tol, mengingat perekonomian indonesia melaju lebih cepat salah satunya karena peran jalan tol yang mempercepat dan memperlancar aliran distribusi barang dari satu wilayah ke wilayah yang lain.

JSMR juga mempunyai hak konsesi tol yang cukup panjang hingga puluhan tahun lamanya.  Adanya jalan tol ini membuat mobilitas penduduk di indonesia semakin mudah, khususnya pada momen tertentu seperti lebaran, hari natal atau liburan akhir tahun.


Manfaat tersebut sangat dirasakan oleh pemudik, waktu mobilitas mereka bisa ditempuh lebih cepat dan lebih efisien baik dari segi penggunaan bahan bakar minyak maupun waktu yang bisa menambah produktivitas penduduk. 

Baca Juga: MNC Group x Jasa Marga, Kerja Sama untuk Tingkatkan Akuisisi Nasabah
 

Saham JSMR


JSMR pada saat artikel ini dibuat berada di harga Rp3000 per lembar saham. Harga tersebut tergolong sudah murah mengingat secara year to date (YTD) telah mengalami penurunan sebesar 25 persen.

Hal ini memberikan peluang yang bagus bagi investor untuk mulai membeli dan mencicil saham JSMR. Harga tersebut memberikan rasio valuasi JSMR dimana PBV 1 kali dan PER 16 kali.

Rasio PBV JSMR tergolong murah dikarenakan dalam 3 tahun terakhir rata-rata PBV JSMR berada pada 1,5 hingga 2 kali, untuk PER rata-rata berada di angka 30 kali. 

JSMR memiliki kinerja yang cukup baik dimana ROE JSMR sepanjang kuartal 3 tahun 2022 memiliki angka 6,24 persen. Rasio hutang sebesar 345 persen tergolong wajar mengingat jalan tol kebanyakan dibangun dengan hutang.

Untuk proyeksi EPS saham JSMR berada di angka 185 per lembar saham pada tahun 2022 ini. Arus kas bersih dari aktivitas operasi juga selalu positif yang menjadi tanda bisnis JSMR menguntungkan. 

JSMR juga memiliki anak perusahaan yang berencana akan melakukan IPO yakni PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) pada tahun depan. Hal itu berimbas positif mengingat JSMR merupakan pemegang 99 persen saham PT JTT.

JSMR juga berhasil melakukan divestasi saham pada ruas jalan tol, seperti penjualan saham ruas jalan tol MBZ kepada Grup Salim yakni perusahaan META.

Besarnya jaringan ruas jalan tol yang dimiliki oleh JSMR menjadikan anak perusahaan JSMR bisa memperluas bisnis PLTS dengan memanfaatkan panjangnya jalan tol.

Maka tak menutup kemungkinan jika JSMR bisa mempunyai bisnis sampingan yakni menjual listrik yang berasal dari tenaga surya. 

Baca Juga: Ada Lelang Proyek Jalan Tol, Sejumlah Emiten Siap Bersaing Nih!

Alasan terakhir yang menjadikan JSMR ini menarik adalah JSMR merupakan perusahaan BUMN. Dengan begitu pemerintah akan tetap menjaga keberlangsungan bisnis JSMR walaupun perusahaan JSMR memiliki kekurangan khususnya dari rasio hutang yang tinggi.

Selain itu bisnis JSMR juga tergolong sangat dibutuhkan karena menyangkut keperluan hajat hidup orang banyak dan sangat berpengaruh bagi perkembangan bisnis dan ekonomi.

Pemerintah akan selalu hadir untuk membantu menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh JSMR. Pemerintah juga akan mengintegrasikan satu BUMN dengan BUMN lain untuk saling berkolaborasi.

Hal itu tak menutup kemungkinan JSMR akan bekerjasama dengan BUMN lain untuk membentuk lini bisnis baru dengan memadukan keunggulan masing-masing. 

Dari beberapa pertimbangan diatas menurut penulis perusahaan JSMR merupakan BUMN penyedia jalan tol yang cukup layak untuk dimiliki sahamnya oleh investor.

Bisnis jalan tol dan potensi kerja sama yang masih luas akan berpotensi untuk menambah pendapatan JSMR dan akan menghasilkan laba bersih yang meningkat dan akan membawa kemakmuran pemegang saham JSMR.

Disclaimer: Saham yang disajikan penulis hanya untuk tambahan wawasan bukan untuk melakukan pom-pom jual beli saham, keputusan berinvestasi tetap pada tangan anda.

Jangan lupa follow IG saya @onietjann untuk menambah relasi dan diskusi.

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.