Deretan Investor Individu dengan Porsi Saham di Atas 5 Persen! Cuan Dong?!

Lo Kheng Hong Saham di Atas 5 Persen. (Foto: Bisnis)

Like

Kepemilikan saham di atas 5 persen merupakan jumlah yang tinggi. Biasanya orang-orang yang memiliki porsi saham di atas 5 persen bukan orang sembarang. Siapa saja mereka?

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), terdapat 285 investor individu dengan kepemilikan saham di atas 5 persen per 9 Desember 2022. 

Mereka menanamkan modalnya di 190 perusahaan yang melantai di bursa. Perusahaannya juga bukan merupakan perusahaan dengan saham yang harganya terbilang murah.

Beberapa orang yang memiliki porsi saham di atas 5 persen ini tidak hanya berfokus di satu perusahaan. Namun, mereka menyebarkan asetnya di beberapa perusahaan 
 

Investor Individu dengan Saham Di Atas 5 Persen


Mengutip dari DataIndonesia, berikut adalah beberapa orang di Indonesia yang memiliki porsi saham di atas 5 persen.
 

1. Lo Kheng Hong



Nama Lo Kheng Hong pasti sudah tidak asing di kalangan investor. Ia merupakan investor senior yang sering disebut-sebut sebagai Warren Buffet Indonesia.

Baca Juga: 4 Tips Membeli Saham dari Lo Kheng Hong Sang Investor Senior

Lo Kheng Hong tercatat menjadi investor individu dengan porsi saham di atas 5 persen di empat perusahaan. Keempat perusahaan itu adalah PT Global Mediacom Tbk. (BMTR), PT Clipan Finance Indonesia Tbk. (CFIN), PT Intiland Development Tbk. (DILD), dan PT Gajah Tunggal Tbk. (GJTL). 

Di BMTR, total kepemilikan saham Lo Kheng Hong sebanyak 6,40 persen. Di CFIN sebesar 5,12 persen. Kemudian, Lo Kheng Hong menguasai 6,28 persen saham DILD. Sementara di GJTL, porsi kepemilikan saham Lo Kheng Hong sebesar 5,17 persen.
 

2. Garibaldi Thohir


Garibaldi Thohir saat ini menjabat sebagai CEO dari Adaro Energy. Ia memiliki saham dengan porsi di atas 5 persen untuk empat perusahaan. 

Saham yang dimiliki Garibaldi Thohir terdapat di PT Adaro Energy Tbk. (ADRO) sebanyak 6,18 persen. PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA) sebanyak 7,36 persen. 

PT Provident Investasi Bersama Tbk. (PALM) sebanyak 12,5 persen, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. (TRIM) sebanyak 34,64 persen.
 

3. Anthoni Salim


Pengusaha yang sudah sering masuk jajaran orang terkaya di Indonesia versi Forbes ini punya porsi saham di atas 5% di tiga perusahaan.

Ketiga perusahaan tersebut adalah PT DCI Indonesia Tbk. (DCII) (11,12%), PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) (9%), dan PT Indoritel Makmur Internasional Tbk. (DNET) (25,30%).
 

4. Suzanna Tanojo


Suzanna Tanojo merupakan anak dari Tan Kiek Sie, salah satu pendiri Wings Group. Ia sendiri merupakan pengendali dari Group Usaha Victoria yang terdiri dari sektor perbankan, perbankan syariah, sekuritas, asset management, asuransi kerugian dan asuransi jiwa.

Suzanna Tanojo terpantau punya porsi saham di atas 5 persen di tiga perusahaan, yakni PT Bank Victoria International Tbk. (BVIC) sebesar 13,29 persen, PT Jakarta Setiabudi Internasional Tbk. (JSPT) sebesar 14,37 persen, dan PT Victoria Investama Tbk. (VICO) sebesar 11,07 persen.
 

5. Low Tuck Kwong


Nama Low Tuck Kwong terpampang dalam deretan orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Ia adalah pengusaha dan pendiri PT Bayan Resources Tbk. 

Low Tuck Kwong memiliki porsi saham di atas 5 persen di tiga perusahaan per 9 Desember 2022. Ketiga perusahaan yang 5 persen sahamnya dikuasai oleh Low Tuck Kwong adalah PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) sebanyak 60,93 persen. 

PT Samindo Resources Tbk. (MYOH) sebanyak 14,18 persen, dan PT Voksel Electric Tbk (VOKS) sebanyak 7,93 persen.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.