Shoichiro Toyoda Meninggal di Usia 97 Tahun, Apa Perannya untuk Toyota?

Shoichiro Toyoda. (Foto: Reuters)

Like

Berita duka datang dari industri otomotif Jepang. Shoichiro Toyoda, pemimpin generasi kedua Toyota yang memimpin ekspansi besar ke AS meninggal di Usia 97 Tahun.

Toyota telah menjadi merek mobil yang digunakan secara global dan berasal dari Jepang. Saat ini Toyota merupakan pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia yang berdiri pada tahun 1933.

Pabrikan Toyota menghasilkan 8-8,5 juta unit mobil di seluruh dunia tiap tahunnya. Pendiri dari Toyota sendiri adalah Sakichi Toyoda yang memang seorang pengusaha. 

Mengutip dari The Washington Post, kemudian pada tahun 1950-an Toyota harus berjuang lebih keras dan diambil alih kepemimpinannya oleh Shoichiro Toyoda. 
 

Kiprah Shoichiro Toyoda 


Toyoda memperkuat pengabdiannya pada detail yang tetap tertanam dalam budaya perusahaan Toyota. Sebuah studi oleh Harvard Business Review mencatat bahwa aturan Toyoda termasuk mematikan lampu perusahaan saat makan siang untuk menghemat uang dan merancang kantor untuk memperhitungkan setiap inci untuk penggunaan maksimum dan manfaat biaya.


Baca Juga: Sempat Alami Kecelakaan, Toyota Kembali Operasikan Kendaraan Tanpa Pengemudi e-Palette

Shoichiro Toyoda juga menjadi pioner dan yang memimpin ekspansi besar ke AS pada tahun 1980. Ketika pabrik Toyota berkembang di luar Jepang, Toyoda secara kaku menegakkan filosofi inventaris "tepat waktu" perusahaan yang membuat pabrik dapat mengubah model produksi dengan cepat untuk menanggapi permintaan konsumen yang berubah.

Namun dia juga bisa melakukan gerakan yang berani dan tak terduga. Pada tahun 1990, dia membalikkan struktur manajemen menengah, mengambil staf dan bawahan untuk membuat para eksekutif berhubungan langsung dengan pekerja tingkat bawah. 

Langkah tersebut mencerminkan keyakinannya pada “genchi genbutsu,” atau pentingnya melihat sesuatu secara langsung.

Di bawah kepemimpinan Mr. Toyoda, Toyota mengembangkan kehadirannya di seluruh dunia untuk bergabung dengan jajaran teratas merek mobil global pada akhir 1980-an dan menjadi salah satu andalan kekuatan ekonomi Japan Inc.

Saingan Toyota Jepang seperti Nissan dan Mazda sudah bertahun-tahun lebih maju dalam memproduksi mobil di AS. Namun dominasi Toyota yang tumbuh dan strategi pertumbuhan yang agresif di bawah Toyoda sering membuat perusahaan menjadi pusat perdebatan persaingan Jepang-AS.

Pada tahun 1980, pangsa pasar Toyota di AS adalah 6,6 persen. Pada tahun 2009, mencapai 16,7 persen sebelum turun kembali menjadi sekitar 15 persen tahun lalu, menurut data industri.

Pekerjaan pertama Toyoda di Toyota adalah memeriksa mobil yang dikembalikan karena cacat. Dia ditunjuk sebagai direktur pelaksana pada tahun 1961 dan pada tahun 1981 mengambil alih operasi penjualan Toyota. 

Baca Juga: Alasan Mobil Daihatsu dan Toyota Sering Banget Mirip

Penggabungan unit penjualan dan produksi pada tahun berikutnya menciptakan Toyota Motor Corp., dengan Toyoda dilantik sebagai presiden.

Dia menjabat sebagai ketua dari tahun 1992 hingga 1999, dan kemudian menjadi ketua kehormatan.

Pada tahun 2007, Toyoda dilantik ke dalam Hall of Fame Otomotif AS. Toyoda dipuji karena mengokohkan “reputasi Toyota sebagai salah satu produsen mobil yang paling dikenal dan terkenal di dunia.”

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.