Konten Youtube Bisa Jadi Jaminan Pinjaman Bank? Ini Syaratnya!

Konten Youtube Bisa Jadi Jaminan Pinjaman Bank? (Ilustrasi: Canva)

Like

Di masa ini, siapa yang enggak kenal sama platform bernama Youtube. Kamu pasti jadi salah satu penggunanya kan Be-emers? Tahu enggak kalau konten Youtube bisa jadi jaminan pinjaman bank lho!

Youtube merupakan salah satu platform untuk mengunggah, menonton dan berbagi video. Berawal dari tiga orang mantan karyawan Paypal yang mendirikannya sekitar tahun 2005.

Sedangkan pada tahun 2006, Google,Inc mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nilai US$1,65 miliar. Pengguna Youtube disebut sebagai youtuber. Seorang youtuber bisa menghasilkan mulai puluhan ribu bahkan sampai ratusan juta rupiah dengan akun yang dikelolanya.

Di Indonesia, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif yang terbit pada 12 Juli 2022 mengatakan bahwa seorang youtuber bisa mengajukan pinjaman ke bank menggunakan sertifikat akunnya.

Baca Juga: Kenali Dulu Ciri-Ciri Pinjaman Online Aman Sebelum Meminjam


Dengan syarat secara garis besar yaitu karya terdaftar dalam Hak Kekayaan Intelektual dan dikelola dengan baik sendiri maupaun dilimpahkan kepada orang lain. Sedangkan syarat khusus terkait konten adalah sebagai berikut :

  • Karya berupa lagu, film, animasi dan konten lainnya yang termasuk dalam *17 subsektor* ekonomi kreatif. 
  • Dikelola sendiri atau dialihkan haknya ke orang lain. 
  • Terdaftar di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual. 
  • Memiliki nilai jual, misalnya jumlah viewers yang banyak
  • Telah diunggah di Youtube

Respon dari lembaga keuangan terkait hal ini cukup beragam. Pertama berasal dari OJK, yang telah mengkaji kerangka regulasi mengenai HKI, meskipun dianggap banyak tantangan, OJK tetap mendukung PP tersebut.

Baca Juga: Tips Bijak Menggunakan Pinjaman Online

Menyusul bank lainnya seperti BCA yang menganggap bahwa konsep ini merupakan suatu terobosan yang baik. Selain itu, bank yang lain seperti BRI, BNI, Mandiri juga menyambut baik kebijakan tersebut dengan perlu menyiapkan skema pembiayaan dan penilaian yang jelas dan runtut untuk meminimalisir resiko. 

Biasanya peraturan pemerintah akan berlaku satu tahun setelah penerbitan, jadi perkiraan Juli 2023 aturan ini bisa diberlakukan. Nah, bagaimana Be-Mers, sudah siap belum menjadi youtuber? 

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.