5 Tips Mudah Agar Baterai Hemat Seharian, Bye Powerbank!

Tips Mudah Agar Baterai Hemat (Ilustrasi: Canva)

Like

Di zaman sekarang ini siapa sih yang enggak punya handphone? Be-emers pasti jadi salah satu yang punya kan. Permasalahan pengguna ponsel atau handphone pasti enggak jauh-jauh dari habis baterai.

Padahal ponsel jadi perangkat yang saat ini penggunaannya tinggi dan selalu dibutuhkan di segala aktivitas. Hampir seluruh kegiatan yang dilakukan sehari-hari membutuhkan ponsel. Baik itu untuk bekerja, belajar, berkomunikasi, dan lainnya.

Sayangnya tidak setiap saat kita bisa menemukan colokan listrik ketika baterai ponsel habis, sehingga tidak secepat itu pula kita bisa menghidupkan kembali ponsel yang habis baterai. Nah, kalau ponsel mau dipakai saat itu juga bagaimana tuh?
 

Tips Merawat Baterai Agar Tahan Lama 


Kita sering mengandalkan powerbank untuk mengisi daya saat baterai ponsel habis. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga ponsel tetap awet meskipun digunakan sepanjang hari.

Baca Juga: Tipe Handphone Ini Enggak Support Whatsapp Lagi, Ada Punyamu?
 

1. Kecerahan Layar Lebih Rendah



Mungkin kita tidak menyadari bahwa kecerahan layar menguras baterai dengan cepat. Mengurangi kecerahan layar dapat membuat baterai tetap hidup. Be-emers bisa melakukan ini dengan masuk ke Pengaturan – Tampilan – Kecerahan dan turunkan sesuai kebutuhan.
 

2. Matikan Koneksi Wi-Fi dan GPS


Koneksi Wi-Fi dan GPS dapat menguras baterai. Matikan fitur tersebut saat tidak digunakan. Fitur ini juga jadi salah satu yang membuat baterai cepat habis. Nyalakan hanya saat sedang digunakan.
 

3. Aktifkan Mode Pesawat


Saat baterai ponsel sekarat, coba nyalakan mode pesawat. Mode ini akan memutus semua sinyal radio ponsel Be-emers, menghentikan email, pesan, panggilan telepon, Wi-Fi, dan koneksi Bluetooth. Ini akan membuat penggunaan baterai lebih lama.
 

4. Gunakan Charger Asli


Setiap membeli smartphone, sudah pasti ada charger yang disediakan di dalam box. Menggunakan charger original memang sudah menjadi hal yang wajib karena tidak semua charger bisa menandingi power ke smartphone.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Handphone 2-jutaan yang Cocok Dibeli Jelang Lebaran

Jika tidak menggunakan charger yang asli bisa timbul banyak masalah mulai dari baterai bocor, bahkan chargernya juga rusak. Oleh karena itu, hindari menggunakan charger yang tidak asli dari smartphone
 

5. Hindari Menggunakan Smartphone saat Dicharge


Hal ini memang merupakan hal yang sepele, namun juga mempengaruhi kualitas baterai smartphone nantinya. Hal ini dapat merusak komponen dalam baterai internal dan membuat masa pakai baterai lebih cepat memburuk.
 
Yuk jaga baterai handphone kita biar lebih awet!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.