Pendidikan Karakter Anak, Seberapa Penting ?

Pendidikan Karakter Anak (Sumber gambar : realitarakyat.com)

Like

Kita pasti sudah sering mendengar Kalimat Pendidikan Karakter, pertanyaannya seberapa penting pendidikan karakter pada anak?

Pendidikan karakter merupakan suatu usaha sadar  dan terencana di dalam mewujudkan suasana serta proses pemberdayaan potensi seorang anak untuk membangun karakter yang berkepribadian baik. Pendidikan karakter sangat berpengaruh bagi perkembangan kepribadian seorang anak, dan hal ini merupakan hal yang sangat menentukan keberhasilan anak tersebut dimasa yang akan datang.

Bagaimana pendidikan karakter yang seharusnya kita lakukan pada anak? Kita mulai dengan memperhatikan lingkungan keluarga supaya sepenuhnya mendukung perkembangan emosi anak, dengan memberikan perhatian sehingga anak nyaman dan merasa disayangi. Setelah emosinya bisa berkembang dengan baik maka kemampuan intelektual (kecerdasan) anak biasanya akan lebih mudah untuk dioptimalkan. 

Dalam membentuk karakter anak, hal yang sangat mempengaruhinya adalah perhatian orang tua. Bagaimana orang tua memberi stimulasi, cara mengasuh dan membina anak akan sangat memberikan manfaat yang besar untuk perkembangan psikologis, kepribadian, emosi, intelektual dan bagaimana anak memberi respon kepada lingkungannya.

Pembentukan semuanya itu pertama sekali dimulai dari keluarga, disinilah peran penting ayah dan ibu untuk bersikap konsisten untuk memberikan stimulasi - stimulasi yang tepat sesuai dengan usia anak tersebut.


Bagaimana bila pendidikan karakter tidak diterapkan pada anak? Anak akan memiliki permasalahan perilaku di rumah atau di luar rumah baik dilingkungan masyarakat, ataupun disekolahnya. Umumnya anak tersebut akan sangat sulit untuk mengikuti aturan-aturan yang ada di lingkungan dimana dia berada.

Hal ini dapat dilihat dari tindakan anak yang akan melakukan pelanggaran-pelanggaran, dimulai dari pelanggaran  kecil  dan kalau dibiarkan bisa berdampak pada pelanggaran yang lebih besar. Ketika hal ini terjadi akan membuat dia menjadi anak yang tidak produktif, bahkan Interaksinya  dengan orang lain baik teman, keluarga ataupun gurunya juga akan terganggu. 

Oleh karena itu pendidikan karakter sangat penting untuk diterapkan kepada anak, sebagai orang tua mari kita sehati untuk merencanakan dan  memberikan pendidikan karakter kepada anak sehingga dia akan tumbuh dengan optimal dan kelak akan menjadi anak  yang berhasil dan bisa membanggakan...