Siapa Linda Yaccarino yang Dikabarkan Jadi CEO Twitter Baru?

Linda Yaccarino jadi CEO Twitter Baru (Foto: LinkedIn Linda Yaccarino)

Like

Elon Musk pada Kamis (11/5) mengatakan dia telah memilih CEO baru untuk Twitter, dan berencana untuk mundur dari peran tersebut dalam hitungan minggu. CEO baru yang dipilihnya adalah Linda Yaccarino.

Elon Musk sudah berbulan-bulan memimpin Twitter setelah mengakuisisinya pada sekitar Oktober 2022. Selama masa kepemimpinannya, banyak gejolak yang terjadi.

Banyak kebijakan-kebijakan yang menuai reaksi negatif dari netizen. Nampaknya Elon Musk cukup dengan jabatannya sebagai CEO dan ingin meneruskannya ke orang lain.

 
Elon Musk Tunjuk CEO Twitter Baru


Setelah berbulan-bulan memimpin Twitter, pemilik perusahaan, Elon Musk, telah menunjuk kepala penjualan iklan NBCUniversal, Linda Yaccarino, untuk mengambil kendali sebagai CEO. 

Keduanya sedang dalam pembicaraan lanjutan tentang posisi itu, kata seorang sumber. Meski begitu, Musk belum secara terbuka menyebut Yaccarino yang akan menggantikannya.


Baca Juga: Resmi Masuk Indonesia, Berapa Biaya Langganan Twitter Blue?

Ia mengatakan di hari Kamis (11/5) bahwa CEO baru akan mulai dalam waktu sekitar enam minggu lagi, setelah itu ia akan beralih ke kursi eksekutif dan chief technology officer.


Siapa Linda Yaccarino?


Yaccarino adalah ketua periklanan dan kemitraan global di NBCUniversal, di mana dia mengawasi 2.000 pekerja di sebuah tim yang telah menghasilkan lebih dari US$100 miliar penjualan iklan, menurut profilnya di situs web perusahaan. 

Timnya telah menjalin kemitraan antara lain dengan Apple News, BuzzFeed, Snapchat, dan Twitter. 

Memilih Yaccarino, orang dalam industri media lama, dapat menandakan perubahan pada platform yang sedang sakit ini dan terbukti melegakan pengiklan yang banyak meninggalkan Twitter setelah Musk mengambil kendali.

Yaccarino dikenal dekat dengan World Economic Forum, sebuah organisasi pialang kekuatan politik dan pemimpin bisnis global yang dikritik Musk. 

Di WEF, yang mempromosikan globalisasi dan menjadi tuan rumah forum Davos tahunan, dia menjabat sebagai ketua Gugus Tugas Masa Depan Pekerjaan dan duduk di komite untuk media, hiburan, dan budaya, menurut profil LinkedIn-nya.

Penggemar Elon Musk khawatir dengan kedekatan ini akan menjadi tanda bahwa Yaccarino akan merusak kebebasan berbicara yang selama ini diusung Musk.

Menanggapi beberapa kekhawatiran tersebut dalam sebuah tweet, Musk mengatakan bahwa "komitmen platform untuk transparansi open source dan menerima berbagai sudut pandang tetap tidak berubah."

Pada tahun 2018, Yaccarino ditunjuk oleh Presiden Donald Trump untuk menjalani masa jabatan dua tahun di Council on Sports Fitness and Nutrition. 

Sebagai ketua Ad Council, Yaccarino juga bermitra dengan Gedung Putih Biden pada 2021 untuk membuat kampanye vaksin virus corona yang menampilkan Paus Francis.

Baca Juga: Mulai 15 April Akun Twitter Gratisan Hilang dari Section For You!

Musk dan Yaccarino pernah berkolaborasi sebelumnya. Mereka muncul di atas panggung bersama di Miami Beach bulan lalu untuk sebuah pembicaraan yang disebut "Twitter 2.0: From Conversations to Partnerships"

Pembicaraan ini diiklankan sebagai 'percakapan intim' tentang peran Twitter dalam budaya dan masa depannya bagi para pemasar.

NBCUniversal juga baru-baru ini memperluas kemitraannya dengan Twitter untuk Olimpiade Paris 2024, sebuah langkah yang disinggung Yaccarino dalam tweet ke Musk minggu lalu.

Sebagai lulusan Universitas Negeri Pennsylvania, Yaccarino memulai kariernya di industri media sebagai pekerja magang di departemen perencanaan media NBCUniversal. 

Dia menghabiskan hampir dua dekade dalam periklanan, pemasaran, dan akuisisi di Turner sebelum pindah kembali ke NBC, tempat dia bekerja selama lebih dari satu dekade.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.