Mau Beli Rumah? Simak Dulu Perbedaan Town House dan Cluster!

Perbedaan Town House dan Cluster (Ilustrasi: Canva)

Like

Ada yang resolusi tahun 2023 punya rumah? Sebelum beli rumah harus tahu bahwa ada banyak pembagian rumah. Dua yang sering tertukar adalah town house dan cluster. Apa perbedaannya?

Saat ini sudah banyak rumah yang ditawarkan oleh developer atau pengembang dalam bentuk desain. Jadi, pembeli inden rumah tersebut dahulu.

Pilihan hunian pun semakin beragam. Developer terus mengembangkan fasilitas-fasilitas yang bisa menarik minat orang-orang untuk memilih hunian di wilayah tersebut.

Kalau Be-emers berniat membeli rumah dalam waktu dekat harus mencermati dan mempertimbangkan banyak hal, termasuk model dan jenis rumah yang ditawarkan.

Saat ini ada dua pilihan rumah yang sering menjadi pembicaraan, yaitu town house dan cluster. Kebanyakan orang menganggap bahwa ini adalah tipe rumah yang sama hanya dengan penamaan yang berbeda.


Apa itu Town House?



Town house merupakan komplek rumah yang biasanya lokasinya di tengah kota dengan bentuk rumah yang serupa namun jumlahnya tidak banyak. 

Bisa dibilang town house lebih eksklusif dan elit, biasanya para ekspatriat lebih mencari hunian town house. 

Baca Juga: Beli atau Sewa Rumah? Ini Pertimbangannya Be-emers!

Konsep town house pertama kali diperkenalkan pada abad ke-18. Sejak awal dibangun sudah dikhususkan untuk orang-orang kelas menengah ke atas dengan tingkat sosial-ekonomi tinggi.

Tersedia fasilitas bersama seperti kolam renang, taman bermain, ruang terbuka hijau, club house, dan lainnya. 


Apa itu Cluster?


Cluster sama-sama komplek perumahan seperti town house. Rumah-rumah yang ada di cluster dibangun serupa, biasanya tanpa pagar dan jumlahnya jauh lebih banyak daripada town house

Hanya ada pembatas tembok beton antar rumah di cluster. Cluster diperuntukan untuk semua kalangan atau semua masyarakat sehingga terkesan kurang eksklusif.

Meski begitu cluster umumnya dikelilingi oleh pagar pembatas yang cukup tinggi, sehingga terkesan tertutup. Cluster memiliki sistem keamanan satu pintu atau one gate system.


Perbedaan Town House dan Cluster


Membaca pengertian dari town house dan cluster saja sudah menunjukan adanya perbedaan. Namun, ada perbedaan-perbedaan lain dari town house dan cluster.


1. Fasilitas


Dari segi fasilitas, town house lebih lengkap daripada cluster. Ini sesuai dengan target konsumen dan citra eksklusif yang ditampilkan oleh town house. 

Jika cluster menyediakan jogging track, town house bisa menyediakan tempat gym untuk penghuninya. Bahkan saat cluster menyediakan taman bermain, town house tambah menyediakan multifunction room untuk menggelar pesta.

Beberapa town house juga menyediakan fasilitas olahraga lain seperti lapangan tenis untuk penghuninya. Ada juga danau buatan yang tersedia di dalam town house.

Baca Juga: Punya Budget Pas? Ini Tips Bangun Rumah dengan Dana Minim!


2. Desain Rumah


Target pasar cluster dan town house yang berbeda membuat desain dari rumah yang ada di cluster dan town house juga berbeda. Cluster biasanya lebih minimalis.

Ini karena cluster ditujukan untuk semua kalangan. Bisa dilihat fasad-fasad rumah cluster tampak lebih simpel dan minimalis.

Sedangkan town house dibuat dengan mewah dan eksklusif. Biasanya memiliki jumlah lantai yang lebih banyak dari cluster. Meski mewah, dibuat dengan elegan dengan unsur-unsur warna yang netral.  


3. Harga


Dengan fasilitas yang sudah lebih dari cluster, tentu harga yang ditawarkan antara town house dan cluster juga berbeda. Harga unit town house lebih mahal daripada cluster

Perbedaan harga antara cluster dan town house juga lumayan jauh. Kita masih bisa menemukan unit cluster yang harganya di bawah Rp1 miliar.

Namun, rata-rata town house menawarkan harga di atas Rp1 miliar. Bahkan, untuk unitnya yang terbilang paling sederhana di antara yang lain dijual dengan harga Rp5 miliar.

Jadi, sudah siapkan uang untuk beli rumah town house Be-emers?

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.