Kelola Keuangan dengan Loud Budgeting Bisa Bikin Hidup Jadi Hemat!

Loud Budgeting dapat membantu belajar hidup hemat (Sumber gambar: iStockphoto/Calvin Chan Wai Meng)

Like

Kunci untuk mencapai kesuksesan dalam finansial di masa depan memerlukan pengelolaan keuangan yang baik.

Tanpa ada pengelolaan dan perencanaan dalam keuangan, dapat memicu terjadinya ketidakstabilan ekonomi.

Saat ini, banyak cara atau strategi yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan pribadi. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan finansial masing-masing.

Salah satunya ada strategi pengelolaan keuangan bernama Loud Budgeting. Strategi ini cocok untuk bagi kaum milenial maupun Gen Z yang seringkali masih suka kesulitan dalam mengatur keuangan.

Loud budgeting merupakan cara mengelola finansial dengan berani terbuka dalam membatasi pengeluaran dan tujuan keuangan ke orang lain.


Baca Juga: Merencanakan Dana Pendidikan Anak, Berikut Hal yang Mesti Kamu Persiapkan!

Dalam artian, jangan gengsi bersuara kalau kamu sedang di fase on budget untuk menabung supaya bisa mencapai financial freedom di masa depan.

Strategi loud budgeting ini dapat membantu kamu untuk menjalani hidup hemat, terutama bagi Gen Z yang senang dengan gaya hidup konsumtif. 

Apalagi di zaman sekarang, tak sedikit Gen Z atau milenial merasa pressure dan tidak enak menolak apabila diajak untuk memenuhi keinginan yang berujung pengeluaran jadi tidak terkontrol.

Penerapan loud budgeting ini sebenarnya cukup simple. Kamu hanya perlu rasa percaya diri untuk mengungkapkan perihal budgeting baik perencanaan maupun tujuannya kepada orang lain.

Lingkungan juga jadi faktor utama supaya mereka paham dengan kondisi kamu. Hal ini pun bisa jadi bentuk motivasi bagi mereka untuk membangun kesadaran betapa pentingnya mengelola keuangan.

 

Tips Kelola Keuangan dengan Loud Budgeting

Lalu, bagaimana tips untuk mengelola keuangan dengan loud budgeting? Yuk, simak artikelnya!

1. Atur Pengeluaran Keuangan 

Tips yang satu ini merupakan hal yang wajib dilakukan. Seperti yang kita tahu, zaman sekarang banyak orang yang sulit untuk membedakan mana kebutuhan dan keinginan.

Baca Juga: Pentingnya Financial Check Up Sebelum Berumah Tangga!

Jadi, kurangi pembelian yang berbau fomo dan hedon lalu kamu bisa menyarankan barang yang lain dengan harga terjangkau.

Tak hanya itu, kamu juga perlu buat list kebutuhan yang memang penting untuk membatasi pengeluaran berlebihan. Jangan lupa untuk selalu catat setiap ada pemasukan dan pengeluaran.