Pentingnya Financial Check Up Sebelum Berumah Tangga!

Financial Check Up (Sumber Gambar: Canva)

Financial Check Up (Sumber Gambar: Canva)

Like

Seiring berkembangnya digitalisasi, kemudahan seseorang dalam meminjam uang kini semakin canggih. Misalnya, pinjaman online (pinjol) yang bisa dilakukan melalui smartphone dan syaratnya hanya dengan foto KTP saja!

Ternyata, kemudahan tersebut dapat berisiko bagi seseorang yang akan berumah tangga, lho! Masalah finansial menjadi poin yang cukup krusial dalam sebuah pernikahan. 

Nah, sebelum menikah alangkah baiknya kamu melakukan financial check up dengan pasangan!

Pembicaraan seputar kondisi finansial wajib dibahas sebelum pasangan akan melangsungkan pernikahan, karena masih banyak calon pasangan yang tertutup terkait finansial.

Adapun beberapa aspek yang wajib diketahui oleh kedua pasangan yang ingin menikah. Jangan sampai setelah menikah baru tahu dan menyesal!


Baca Juga: Persiapan Psikis, Mental, dan Fisik dalam Mengarungi Bahtera Pernikahan Agar Tercapai Kebahagiaan



Aspek Finansial yang Perlu Diketahui Sebelum Menikah:

Yuk kita bahas satu-persatu detail aspek finansial yang wajib diketahui
 

1. Penghasilan Kedua Pasangan

Sebelum menuju ke jenjang yang lebih serius, kedua pasangan harus lebih terbuka dengan penghasilan yang didapat. Keterbukaan tersebut akan memudahkan keduanya dalam mengelola keuangan.
 


2. Periksa Utang dan Pinjaman

Pastikan kedua belah pihak saling terbuka masalah utang, baik utang milik pribadi maupun utang bersama.

Jangan lupa untuk membuat kesepakatan bersama mengenai utang tersebut, agar tidak terjadi kesalah pahaman saat berumah tangga. Kamu juga bisa memeriksa utang atau pinjaman melalui BI checking.