Belajar Branding Dari Startup Fotografi Sweet Escape 

Startup fotografi (Format: pinterest.com)

Like

Kamu salah nih, kalau menilai dunia fotografi hanya begitu saja. Masi banyak orang yang tidak paham dari esensi sebuah foto itu sendiri.

Coba tanyakan dirimu sendiri, sebenarnya foto itu untuk apa sih? Foto adalah suatu kenangan yang bisa membuat kamu sadar pentingnya peristiwa saat itu. 

Kehadiran smartphone yang canggih terkadang belum bisa buat kamu puas dan menikmati hasil foto yang kamu capture. Lalu, karena ada hp kamu juga jadi kebiasaan berfoto dan sering kali foto itu tidak memiliki arti.

Hanya digunakan menjadi kebutuhan posting sesaat. Akhirnya, makna foto yang penting itu hilang deh.

Nah, kehadiran dari startup Sweet escape ini memberi makna kepada kita. Kalau ternyata suatu foto itu memang bisa sangat bermakna. Proses branding yang mereka lakukan ini unik, lho!


Yuk, temen-temen bisnis kita bahas secara singkat sisi branding dari Startup Fotografi ini. Ini bisa jadi pembelajaran untuk kamu memulai bisnis. 


Nama Sweet Escape

Coba, apa opini kamu ketika pertama kali mendengar nama Sweet Escape? Tentunya penasaran bukan?

Sweet Escape ini apa? Makanan kah, destinasi travelling, restoran, tempat menjual souvenir, atau bahkan tempat menjual baju-baju pantai, yah?  Pasti kebayang banyak banget, ya! 
 
Sip, dari nama saja sudah bisa membuat penasaran, lalu coba bayangkan semua hal yang kamu pikirkan mengenai pertanyaan di atas. Nama Sweet Escape benar-benar menjelaskan secara kuat definisinya sebagai platform fotografi berkualitas.

Jadi, nama dari usaha kamu itu penting banget guys! Selain memberi kesan yang unik, secara tidak langsung itu bisa membuat orang mempersepsikan fitur-fitur dari brand kamu. 


Visual

Next, coba deh nonton video Sweet Escape. Setelah kamu ingat dan tau namanya, visualisasi ini akan semakin memperjelas lagi nih ke kamu.

Itu dia pentingnya punya visualisasi yang unik. Istilahnya, company profile yang bisa diakses sama siapa aja.

Maksudnya bisa diakses sama siapa aja? Iya, saat kamu merencanakan bisnis untuk go public, visualisasi tersebut akan menunjukkan seberapa seriusnya kamu.

Usahakan punya company profile secara visual lewat website, video, ataupun Instagram. Bayangkan, kalau kamu memulainya dengan branding yang baik, maka kedepannya kamu pasti akan semakin niat untuk meneruskannya.


Tagline

By the way, Sweet Escape ini adalah platform untuk para fotografer dan tersebar di seluruh dunia. Dia punya tagline “Make Travel Memorable”. Dari tagline-nya juga sudah kuat banget sisi branding-nya. 

Ini bisa saja jadi salah satu alasan investor mau berinvestasi, lho! Buktinya, dilansir melalui Okezone, Sweet Escape menerima suntikan dana 87 miliar di pertengahan tahun lalu.

Gimana saat pandemi ini? Bisnisnya tetap berjalan dan tidak terhalang oleh pandemi.

Bahkan, dilansir dari Kompas, dinyatakan bahwa Sweet Escape akan melakukan pivoting ke arah Co-Working space. Wah, inovasi ini semakin memperkuat bisnis fotografinya yah!


Storytelling

Fotografi memang seni yang sangat dibutuhkan saat ini. Era industri ini sangat membutuhkan kreativitas dalam bercerita. Storytelling melalui visual maupun tulisan saat ini semakin penting.

Para Startup harus menyadari bahwa branding dan proses bercerita di dalamnya adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan! 

Ini dia pembahasan kita tentang branding dan startup. Oya, Bisnismuda mengadakan webinar yang membahas tentang personal branding, nih!

Jadi bukan hanya produk atau bisnis saja yang perlu dibranding, ternyata diri kita juga perlu. Sign up for free, yuk! Jangan lupa yang belum ada akun Bisnis muda, bisa buat di sini!

“Content Marketing is like the first date. If all you do is talk about yourself, there won’t be a second date.” - David Beebe