8 Tips Efektif Mengajarkan Konsep Investasi pada Anak Usia Dini

Lindungi Masa Depan Anak dengan Mengajarkan Investasi. Berikut 8 tips yang bisa dicoba (Sumber gambar: Freepik)

Like

Halo Be-emers! 

Siapa yang nggak ingin anaknya tumbuh jadi pribadi yang cerdas finansial? Salah satu kunci untuk mencapai itu adalah dengan mengajarkan konsep investasi sejak dini.

Nah, buat Be-emers yang ingin mulai mengenalkan investasi kepada anak, berikut ini beberapa tips efektif yang bisa kalian coba. Yuk, simak!


8 Tips untuk Mengenalkan Investasi pada Anak:

1. Mulai dengan Menabung

Sebelum mengenalkan investasi, ajarkan dulu konsep dasar menabung. Buatlah anak mengerti bahwa menyimpan uang sedikit demi sedikit bisa membantu mencapai tujuan yang lebih besar. Bisa dimulai dengan memberikan celengan lucu atau membuka rekening tabungan anak. Jelaskan bahwa uang yang ditabung akan bertambah seiring waktu.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Harus Segera Melakukan Decluttering, Salah Satunya jika Sudah Ada Pengganti!

 

2. Gunakan Contoh yang Sederhana

Anak-anak lebih mudah memahami konsep abstrak seperti investasi dengan contoh konkret. Misalnya, Be-emers bisa menggunakan mainan atau permen untuk menjelaskan bagaimana uang yang diinvestasikan bisa bertambah. Ceritakan tentang bagaimana membeli sesuatu yang bisa berkembang nilainya di masa depan.

 

3. Ajak Anak Berpartisipasi

Libatkan anak dalam kegiatan yang berkaitan dengan uang. Ajak mereka ke bank saat membuka rekening atau biarkan mereka memilih saham atau reksa dana (dengan bantuan dan pengawasan, tentunya). Pengalaman langsung ini akan membuat anak lebih paham dan merasa terlibat.