Tips Mencapai Financial untuk Generasi Sandwich, Yuk Terapkan!

Generasi sandwich selalu enggak punya uang? Apa penyebabnya? Sumber Gambar: Pexels

Like

Generasi sandwich merupakan generasi yang memiliki beban berat untuk mencukupi kebutuhan diri sendiri, orang tua dan anak.

Hal ini bukanlah hal yang mudah apalagi dalam masalah finansial. Generasi sandwich harus mencara cara dalam memenuhi kebutuhan keuangan dari kedua generasi sehingga kerap mengalami kesulitan dalam menyisihkan sebagian uangnya.

Faktor utama generasi sandwich salah satunya para orang tua belum siap secara finansial saat memasuki masa pensiun, terkadang masih memiliki beberapa tanggungan dengan pendapatang yang sudah tidak sebanyak pada masa produktif.

Jadi makin banyak tanggungan yang dihadapi generasi sandwich maka makin banyak pula tanggung jawa dan prioritas yag didahulukan.

Tetapi, walaupun terasa sulit, dengan manajemen keuangan yang baik, maka generasi sandwich ada beberapa cara untuk mencapai finansial freedom


Baca Juga: Daycare Tak Lagi Aman, Orang Tua Harus Apa?

 

Tips Mencapai Financial Freedom untuk Generasi Sandwich

Membuat pos anggaran

Sebagai generasi sandwich yang ingin mencapai generasi sandwich maka mulai sekarang buatlah pos anggaran, karena hal ini penting. Dengan cara membagi penghasilan untuk menabung, dana darurat, mencukupi kebutuha, investasi dan lain-lain.
 

Prioritaskan keuangan untuk keluarga

Memprioritaskan keuangan untuk kebutuhan keluarga harus dilakukan bagi generasi sandwich, sehingga generasi ini harus tahu mana yang akan didahulukan untuk memenuhi kebutuhan agar keuangan tetap stabil. Serta membuat rencana keuangan jangka panjang dan jangka pendek secara konsisten.