Bank Keliling, Cara Kerja dan Dampaknya untuk UMKM

Bank keliling jadi salah satu pilihan perminjaman modal untuk UMKM , karena dianggap cepat dan mudah Sumber Gambar : Pexels

Like

Istilah bank keliling tidak asing lagi, terutama di kalangan masyarakat pedesaan yang sebagai pedagang tentu sudah akrab dengan bank keliling. Memang adanya bank keliling ini dapat membantu masyarakat dalam memperoleh dana segar untuk mencukupi kebutuhannya.

Meski dinilai membawa manfaat bagi masyarakat, namun bank keliling ini mempunyai sisi bunga tinggi terhadap pinjaman, hal ini dapat mencekik nasabah.

Bagi kalian yang masing asing dengan bank keliling, mari kita ulas terkait bank keliling.

Baca Juga: Modal Usaha dengan Bank Keliling, Apakah Bisa Survive?


Apa sih Itu Bank Keliling?

Bank keliling merupakan layanan pembiayaan pada individu atau kelompok orang kepada masyarakat. Lantas, mengapa disebut bank keliling? Karena pemberi pinjaman ini melakukan tugasnya dengan keliling dari rumah ke rumah untuk memberi pinjaman bahkan menarik tagihan pada nasabah.

Bank keliling disebut sebagai jasa pembiayaan informal lantaran bukan bagian dari perbankan atau lembaga yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga bank keliling ini tidak memiliki badan hukum yang jelas.