Apa Perbedaan Antara Investor Malaikat dengan Venture Capitalist? Cari Tahu Disini!

Perbedaan Investor Malaikan dengan Venture Capitalist (Format: pixabay.com)

Like

Investor malaikat dan juga kapitalis ventura merupakan jenis investor yang berbeda. Meskipun sama sama menyediakan modal untuk perusahaan, namun keduanya memiliki perbedaan.

Ada banyak faktor yang menjadi pembeda. Mulai dari tingkat resiko, sumber dana maupun tahapan investasinya. Sehingga, ketika ingin menjadi investor maka kamu pun perlu memahami keduanya terlebih dahulu.

Untuk itu, agar kamu tak bingung kali ini akan diulas apa perbedaan antara investor malaikat dengan venture capitalist. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.


Dari Segi Tahapan Investasi

Faktor pertama dapat terlihat dari tahap investasinya. Pada umumnya angel investor akan sering kali melakukan investasi di tahap pertama.

Biasanya akan menyasar perusahaan awal maupun perusahaan startup yang baru berdiri. Untuk itu, investor yang sering kali melakukan investasi terhadap perusahaan tersebut, disebut dengan investor malaikat.

Sedangkan untuk kapitalis ventura biasanya akan menginvestasikan sebagian besar dari dana yang mereka miliki pada tahap selanjutnya. Akan sangat jarang sekali menemukan venture capitalist yang berinvestasi pada tahap awal.


Mungkin hanya sekitar 3 persen dari dana modal saja. Yang mana akan diinvestasikan pada perusahaan baru ataupun perusahaan yang masih awal berdiri.


Dari Segi Ukuran Investasi

Apa perbedaan antara investor malaikat dengan venture capitalist, jika dilihat dari segi ukuran investasi? Maka, jawabannya pun cenderung akan berbeda.

Dimana untuk investasi modal dari venture capitalist yakni rata rata dalam satu perusahaan di dalam satu kurun waktu adalah jutaan dolar. Bahkan bisa lebih tinggi lagi saat publikasi yang mencapai 7.7 juta dolar AS.

Sedangkan untuk angel investor memiliki jumlah pendanaan investasi yang cukup kecil. Yakni rata rata sekitar 70 ribu dolar AS saja. Namun, jumlah tersebut juga bisa bertambah menjadi lebih tinggi.


Dari Segi Tantangan Untuk Menemukannya

Terdapat sejumlah perbedaan pula ketika kamu ingin menemukan kedua jenis investor ini. Untuk kapitalis ventura sendiri dapat ditemukan dengan beberapa metode. Apa perbedaan antara investor malaikat dengan venture capitalist?

Pada umumnya, setiap perusahaan akan memiliki situs web. Berisi tentang minat investasi, mitra dan juga perusahaan seperti apa yang dimasukkan ke dalam protofolio dari investasi milik mereka.

Tak hanya itu saja, informasi kontak yang berisi tentang alamat maupun email biasanya juga telah tersedia. Ada pula perusahaan yang bergabung dengan organisasi, seperti Asosiasi Modal Ventura Nasional.

Sedangkan untuk investor malaikat sendiri, masih lebih sulit untuk menemukannya. Hal ini dikarenakan kebanyakan jenis investor ini memiliki sifat yang independen. Sehingga sulit untuk ditemukan.


Dari Segi Sumber Dana

Untuk investor malaikat ini sendiri, umumnya akan menggunakan uang pribadi mereka di dalam berinvetasi. Sedangkan untuk investor ventura kapitalis akan menginvestasikan uang untuk orang lain.

Perusahaan yang bergerak pada bidang modal ventura akan mengumpulkan dana dari beragam sumber. Mulai dari dana pensiun, lembaga keuangan serta dari perusahaan asuransi.

Selain itu, perusahaan modal ventura sendiri juga bisa berinvestasi dengan perusahaan yang sama. Namun, apa perbedaan antara investor malaikat dengan venture capitalist? Malaikat investor akan cenderung berinvestasi dengan menggunakan uangnya sendiri.

Kadang pula, angel investor ini akan mengumpulkan uang secara berkelompok dan membentuk dana untuk berinvestasi di perusahaan. Sehingga, investor malaikat ini cenderung lebih mandiri dan independen.

Bagi kamu yang tertarik untuk berinvestasi maka kamu pun harus bisa untuk mengtahui jenis investor yang akan kamu pilih. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang sedang mencari dana investasi untuk perusahaan yang sedang kamu jalani.

Simak juga berbagai tips dan informasi terkini terkait Startup di Bisnis Muda.
Selamat mencoba, ya!