Mengapa Gen Z dan Milenial Lebih Mengutamakan Work Life Balance Dibandingkan Finansial?

Like

Kekhawatiran Finansial dan Work-Life Balance

Kendati Gen Z sering disebut sebagai generasi yang paling khawatir tentang finansial, mereka tetap mengutamakan keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi.

Penelitian menunjukkan bahwa meskipun mereka prihatin dengan stabilitas finansial, faktor seperti fleksibilitas waktu dan kesempatan untuk memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga dan teman adalah nilai yang sangat berharga bagi mereka.

Sebagai contoh, survei terbaru menunjukkan bahwa lebih dari 60% pekerja Gen Z lebih memilih pekerjaan yang menawarkan fleksibilitas dan keseimbangan hidup yang baik daripada kenaikan gaji.

 

Preferensi Terhadap Kerja Hybrid

Terutama sejak pandemi COVID-19, mayoritas Milenial dan Gen Z menunjukkan preferensi kuat terhadap kerja Hybrid—kombinasi antara kerja di kantor dan kerja dari rumah.

Studi menunjukkan bahwa sekitar 70 persen dari kedua generasi ini merasa lebih produktif dan puas dengan model kerja hybrid, karena memberikan mereka fleksibilitas untuk mengatur waktu dan lingkungan kerja mereka sendiri.


Dalam kesimpulannya, meskipun kekhawatiran finansial tetap menjadi faktor penting, baik milenial maupun Gen Z lebih memilih pekerjaan yang memungkinkan mereka menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional.

Dengan meningkatnya minat pada fleksibilitas dan model kerja hybrid, perusahaan perlu menyesuaikan pendekatan mereka untuk memenuhi kebutuhan dan ekspektasi generasi muda ini.









---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung