Subsidi KRL Berbasis NIK, Gimana Dampaknya?

Like

Dampak pada Kehidupan Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Bagi mereka yang hidupnya belum mapan, kebijakan ini bisa menjadi pukulan berat. Misalnya, seorang pekerja dengan penghasilan pas-pasan yang setiap hari mengandalkan KRL untuk pergi ke tempat kerja, harus merelakan pendapatannya tergerus karena harus membayar tiket dengan harga yang lebih mahal.

Pengeluaran untuk transportasi yang meningkat ini bisa mengurangi alokasi dana untuk kebutuhan lain seperti makanan, pendidikan, atau kesehatan. Dampaknya, kualitas hidup mereka yang sudah sulit bisa semakin tertekan.

 

Kemacetan Akan Timbul

Salah satu dampak yang mungkin timbul dari pengurangan subsidi tiket KRL adalah meningkatnya kemacetan di wilayah Jabodetabek.

Baca Juga: Mulai 1 Juni 2024, Pembelian Gas LPG 3 Kg Wajib Gunakan KTP!

Dengan biaya tiket KRL yang lebih mahal, sebagian masyarakat mungkin akan beralih menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini tentu akan menambah beban lalu lintas yang sudah padat, memperburuk masalah kemacetan yang selama ini menjadi momok di perkotaan.


Kebijakan pengurangan subsidi KRL harus dilihat dengan sangat hati-hati. Di satu sisi, mengarahkan subsidi kepada yang membutuhkan adalah langkah yang baik untuk efisiensi anggaran.

Namun, di sisi lain, kita tidak boleh melupakan bahwa transportasi publik adalah tulang punggung mobilitas masyarakat perkotaan.

Pemerintah perlu memastikan bahwa kebijakan ini tidak justru mengurangi akses masyarakat terhadap transportasi publik dan tidak menambah parah masalah kemacetan yang sudah ada.










----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung