Cuan Lewat Saham IPO? Tips Sebelum Membeli

Like

5. Jangan terpengaruh oleh tren yang ramai. Terkadang, saham IPO dapat mengalami pergeseran harga yang signifikan karena spekulasi dan tren yang ramai. Jika kita membeli saham IPO, pastikan kita memperhatikan analisis yang sesempurna mungkin dan tidak hanya membeli karena tren yang ramai.

6. Cek orang-orang di balik perusahaan tersebut. Juga pelajari track record orang-orang tersebut. Meski ini tidak menjamin, namun tetap salah satu usaha untuk mengurangi resiko.

7. Bandingkan harga saham dan potensi perkembangannya dengan perusahaan lain yang menjadi kompetitornya. Hal yang dibandingkan bisa meliputi kegiatan usaha, keunggulan usaha, resiko usaha, dan yang lain. 

8. Investasikan di banyak perusahaan. Jangan hanya satu atau dua perusahaan. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jonathan Thamrin di kanal YouTube-nya yang juga bernama Jonathan Thamrin. Meskipun ini data lama, tahun 2021, namun memiliki informasi yang bermanfaat.

Baca Juga: 5 Saham IPO dengan Nilai Terbesar di 2023


Penelitian tersebut adalah, ia menginvestasikan uangnya dengan cara memecahnya ke 54 perusahan yang IPO. Dari penelitian tersebut, menang terjadi fluktuasi, namun rata-rata hanya 6 yang tidak untung, sedangkan 48 sisanya menguntungkan.

9. Bersiap-siap. Yang terakhir, meskipun bukan yang paling akhir, investasi saham merupakan investasi yang memiliki resiko yang tinggi. Jadi, semua harus siap-siap dinikmati. Untung dinikmati, rugi juga dinikmati.















----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung