Tergiur Beli Saham IPO, Pahami Hal Ini Biar Enggak Nyesel!

Like

Memperhatikan Valuasi Perusahaan

Valuasi merupakan salah satu faktor kunci dalam menentuka apakah saham IPO layak untuk dibeli atau tidak.

Jadi perusahaan yang melakukan IPO akan menawarkan saham dengan valuasi yang tinggi, sehingga perlu menilai apakah valuasi tersebut suatu hal yang wajar, berdasarkan kinerja perusahaan saat ini dan proyeksi di masa depan.

Triknya dengan melakukan perbandingan valuasi perusahaan dengan perusahaan sejenis yang telah terdaftar di bursa.

Apabila valuasi terlalu tinggi dan tanpa justifikasi yang kuat, mungkin lebih baik menunggu sampai harga saham stabil setelah IPO

Baca Juga: Cuan Lewat Saham IPO? Tips Sebelum Membeli
 

Menghindari Terjebak Hype

IPO terkadang disertai dengan hype yang besar, maka perusahaan tersebut sangat dikenal atau sedang naik daun. Hype akan mendorong harga saham naik secara tidak wajar pada hari awal perdagangan, yang kemudian bisa diikuti oleh penurunan tajam  saat antusiasme mereda.


Maka triknya sebaiknya jangan terburu-buru dalam membeli saham hanya karena ketika hype saja. Jadi, tunggu beberapa waktu setelah IPO untuk melihat bagaimana saham tersebut bergerak

 

Menggunakan Pendekatan Jangka Panjang

Investasi di saham IPO sebenarnya tidak selalu memberikan keuntungan instan. Beberapa dari saham IPO yang mungkin mengalami volatilitas yang tinggi dalam beberapa minggu pertama setelah melantai di bursa. Maka dari itu, pentingnya memiliki perspektif dalam jangka panjang.

Trik yang harus dilakukan fokus pada fundamental perusahaan dan potensi pertumbuhan jangka panjangnya. 

 

Diverifikasi Portofolio

Saham IPO sebaiknya tidak menjadi satu-satunya investasi dalam portofolio. Diversifikasi merupakan kunci utama dalam mengelola risiko. Jangan mengalokasikan terlalu banyak modal hanya pada saham IPO, terutama jika belum memiliki banyak pengalaman investasi.

Maka triknya memastikan bahwa portofolio terdiri dari jenis aset, termasuk saham dari sektor yang berbeda, obligasi dan mungkin reksa dana atau ETF. Ini akan membantu mengurangi risiko secara keseluruhan.

Oleh karena itu, membeli saham IPO bisa menjadi langkah investasi yang menguntungkan jika dilakukan dengan hati-hati dan berdasarkan informasi yang valid. Bagi sobat Be-emeres selalu bersikap realistis dan berfokus pada jangka panjang agar tidak terjebak dalam keputusan yang bisa merugikan












----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung