Tergiur Beli Saham IPO, Pahami Hal Ini Biar Enggak Nyesel!

Ketika ingin membeli saham IPO, kamu perlu memerhatikan beberapa hal berikut Sumber Gambar : Pexels

Ketika ingin membeli saham IPO, kamu perlu memerhatikan beberapa hal berikut Sumber Gambar : Pexels

Like

Investasi di saham IPO (Initial Public Offering) sering kali dianggap sebagai kesempatan emas untuk masuk ke pasar saham pada tahap awal.

Saham IPO menawarkan peluang bagi investor untuk berpatisipasi dalam pertumbuhan perusahaan yang baru melantai di bursa. Namun di balik peluang yang ada, terdapat pula risiko yang harus diperhatikan.

Agar tidak terjebak dalam keputusan investasi yang kurang bijaksana, berikut tips dan trik yang bisa diikuti sebelum membeli saham IPO.
 

Melakukan Riset tentang Perusahaan

Sebelum membeli saham IPO, sangat penting untuk memahami bisnis yang akan dijalankan oleh perusahan. Maka lakukan riset mendalam terkait sejarah perusahaan, model bisnis, produk yang ditawarkan serta bagaimana potensi perusahaan mengalami pertumbuhan.

Serta perhatikan pula siapa saya yang berada di balik manajemen perusahaan, karena keberhasilan perusahaan sangat bergantung pada kepemimpinan dan visi perusahaan.

Maka trik yang perlu dilakukan dengan cara mencari tahu tentang industri tempat perusahaan beroperasi. Apakah sedang berkembang atau justru mengalami penurunan? Sebaiknya pastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki keunggulan kompetitif di pasar,


Baca Juga: Sebelum Beli Saham IPO, Cari Tahu Arti Saham Oversubscribed!
 

Memahami Gambaran Perusahaan

Biasanya terdapat dokumen yang memberikan gambaran lengkap tentang perusahaan yang akan melakukan IPO. Di dalamnya, akan menemukan informasi tentang keuangan perusahaan, tujuan penggunaan IPO, risiko yang dihadapi serta strategi bisnis.

Dengan membaca gambaran perusahaan maka akan membantu untuk lebih paham apakah perusahaan tersebut merupakan investasi yang solid.

Maka triknya, perhatikan bagian yang mengulas risiko bisnis dan keuangan perusahaan. Apabila ada risiko yang signifikan maka pertimbangkan kembali keputusan untuk berinvestasi.