Tips Hemat Belanja Bulanan, Cuma dengan 5 Langkah!

Ilustrasi hemat saat belanja bulanan (Sumber gambar : pexels.com)

Ilustrasi hemat saat belanja bulanan (Sumber gambar : pexels.com)

Like

Belanja bulanan merupakan suatu aktivitas yang dilakukan setiap bulan oleh hampir setiap rumah tangga. Tak jarang belanja bulanan malah membuat boncos dompet.

Kebocoran dalam anggaran keuangan yang sudah disusun rata-rata karena belanja bulanan yang tidak terkendali.
 

Belanja Bulanan Anti Boncos, Begini Tipsnya!

Lalu bagaimana cara agar kebutuhan bulanan beres akan tetapi uang kita tetap aman sesuai budget. Berikut 5 tipsnya :

1. Buat daftar belanja

Sebelum pergi berbelanja ke supermarket atau pasar, alangkah baiknya kita susun daftar belanja. Selain bertujuan untuk menghemat uang, menyusun daftar belanja akan membantu kita menghemat waktu dan semua kebutuhan dipastikan akan terbeli.

Seringkali kita akan terlupa membeli suatu kebutuhan apabila tidak memakai daftar belanja. Buat daftar belanja seefektif mungkin atau pastikan yang dimasukkan dalam daftar merupakan barang yang benar-benar kita butuhkan,bukan kita inginkan. Serta pastikan untuk mematuhi daftar belanja tersebut.

Baca Juga: Pengalaman Jadi Shopee Affiliate, Gimana Sih Prospeknya?
 

2. Pilih barang atau produk dengan harga murah tetapi berkualitas

Produk dengan merk atau brand terkenal rata-rata memiliki harga yang cukup mahal daripada produk lainnya yang sejenis.


Kita dapat memilih produk dengan merk atau brand yang kurang terkenal, eitts jangan salah walaupun memiliki merk yang kurang terkenal tetapi beberapa produk memiliki kualitas yang tidak kalah bagus daripada merk terkenal. Disinilah kita harus jeli dan hati-hati ketika berbelanja.

 

3. Manfaatkan promo atau diskon

Saat ini banyak toko atau supermarket yang menawarkan promo atau diskon. Alangkah lebih baik kita melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan toko atau supermarket mana yang sedang mengadakan diskon atau promo besar-besaran.

Manfaatkan diskon khusus, promo buy one get one free atau voucher belanja. Memanfaatkan aneka promo dan diskon yang tersedia akan membantu kita menghemat uang belanja kita lebih banyak.