Enggak Selalu Untung, Tips Membeli Saham IPO Supaya Enggak Boncos!

Ilustrasi menganalisa saham IPO (Sumber gambar : pexels.com/Liza Summer)

Ilustrasi menganalisa saham IPO (Sumber gambar : pexels.com/Liza Summer)

Like

Banyak investor pemula  yang sering mendengar saham IPO tapi hanya sedikit yang mengetahui apa itu saham IPO.

Menurut laman OCBC.id yang dimaksud Initial Pubic Offering atau biasa disingkat IPO adalah proses perubahan struktur dana perusahaan dari pendanan pribadi menjadi pubik.

Artinya pemilik saham sebuah perusahaan bersedia membagikan sahamnya ke publik dengan harga tertentu. Rata-rata saham-saham IPO ini merupakan incaran para investor karena banyak yang mengatakan bahwa nilai saham-saham ini akan naik atau meningkat saat masuk dalam bursa saham.

Hal itulah yang membuat para investor pemula banyak yang FOMO membeli saham IPO tanpa tahu apa kerugian dalam membeli saham IPO.

Alih-alih mendapatkan untung, saham IPO sebenarnya juga mempunyai banyak kelemahan apabila kita tidak jeli dalam melihat risiko.


Baca Juga: Kejar CUAN Lewat Saham IPO, Pahami Sebelum Membeli!

 

4 Pertimbangan Sebelum Beli Saham IPO

Lalu bagaimana kita menginisiasi risiko yang timbul ketika akan membeli saham IPO? berikut 4 tips saat akan menyerok saham IPO 

1. Pelajari kenapa perusahaan melakukan IPO

Ada beberapa alasan sebuah perusahaan melakukan IPO, bisa jadi digunakan untuk ekspansi atau perluasan bisnis atau bisa juga digunakan untuk membayar utang perusahaan.

Apabila kita menemukan bahwa alasan sebuah perusahaan melakukan IPO adalah untuk membayar hutang perusahaan lebih baik kita pikir lagi untuk membeli sahamnya.