Kelas Menengah Turun Kasta, Apa Penyebabnya?

Kelas menengah turun kasta menuju kemiskinan, kira-kira apa penyebabnya? (Foto Freepik.com)

Kelas menengah turun kasta menuju kemiskinan, kira-kira apa penyebabnya? (Foto Freepik.com)

Like

Apakah Anda termasuk kelas menegah? Kelas menengah adalah mereka yang memiliki pendapatan antara 1.9 juta hingga 9 juta setiap bulannya. Ada juga yang mengkategorikan bahwa kelas menengah adalah mereka yang berpengahasilan antara 4-7 juta, 

Dapat juga disimpulkan mereka yang berpenghasilan di bawah 10 juta adalah kelas menegah.  

Kelas menengah di Indonesia jumlahnya turun 47,85 juta orang pada tahun 2024 dibandingkan 48,27 juta pada tahun 2023.

Kelas menengah adalah kelompok penting dalam struktur sosial ekonomi. Mereka biasanya memiliki penghasilan yang memadai dan akses yang cukup ke layanan sosial.

Namun, belakangan ini ada kekhawatiran bahwa banyak orang di kelas menengah mungkin akan turun kelas. Apa yang menyebabkan fenomena ini?


Salah satu penyebab utama adalah berkurangnya pekerjaan di sektor formal. Sektor ini mencakup pekerjaan yang biasanya menawarkan stabilitas dan manfaat seperti asuransi kesehatan dan pensiun.

Baca Juga: Sudah Tahu Middle Income Trap yang Menjebak Kelas Menengah?

Dengan menurunnya lapangan kerja di sektor formal, banyak pekerja terpaksa beralih ke sektor informal.

Sektor informal, meskipun fleksibel, sering kali tidak menawarkan jaminan kerja atau tunjangan, sehingga meningkatkan risiko ekonomi bagi pekerjanya.

Perubahan ini juga terlihat di negara maju seperti Singapura dan China, di mana pekerjaan di sektor informal sering dianggap sebagai pekerjaan sampingan atau alternatif. Meskipun sektor informal dapat menjadi solusi sementara, ketergantungan pada jenis pekerjaan ini sering kali menandakan ketidakstabilan ekonomi bagi pekerjanya.