Jangan Asal Bermain Media Sosial! Waspada Jejak Digital

Like

Berkaca dari kasus tersebut, maka dampak dari jejak digital sangatlah fatal jika media sosial digunakan dengan asal. Zaman sekarang kita bisa benar-benar 'dikuliti' di media sosial.

Postingan atau cuitan tanpa konsen bisa menjadi boomerang yang merugikan bagi para pengguna media sosial di kemudian hari.

Maka dari itu, kita harus bisa bijaksana dalam bermedia sosial dengan menjaga jejak digital kita untuk keamanan data pribadi. 

Ada beberapa tahapan atau cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan melindungi jejak digital, yakni dengan selalu memeriksa dan mengatur pengaturan privasi di media sosial atau aplikasi yang sedang kamu gunakan. Jangan lupa untuk menghapus riwayat pencarian dan cache pada browser kamu. 

Baca Juga: Kebanjiran Informasi Lewat Media Sosial, Menguntungkan atau Menyesatkan?


Gunakan kombinasi untuk kata sandi yang unik agar tidak mudah dibobol atau kamu bisa menggunakan fitur verifikasi dua langkah jika dibutuhkan.

Selain itu selalu berhati-hati ketika akan membagikan informasi pribadi secara online, pastikan platform yang sedang kamu kunjungi memiliki keamanan yang pasti. 

Satu lagi, perlu diingat untuk tidak terbawa emosi hingga terpancing untuk memposting ujaran-ujaran kebencian terkait suatu topik. Unggahan foto atau video juga termasuk sebagai jejak digital, jadi usahakan tetap berhati-hati ya Be-emers. 















----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung