PNS atau Swasta, Bagaimana Pilihan Karir Gen Z?

Like

PNS Apakah Masih jadi Karir yang Menjanjikan buat Gen Z?

Menjanjiian atau relevan itu sifatnya subjektif, tergantung rencana karir yang telah kamu buat. Begitu pula karir itu mestinya bisa membuatmu lebih bermakna dan semangat menjalani hidup.

Pertama, Prioritas & Visi Hidup

Setiap melakukan aktivitas atau langkah hidup khususnya karir tentunya kamu punya visi dan prioritas hidup yang menjadi angon-angon (kompas hidup).

Tidak jarang juga ada orang CPNS yang mengundurkan diri karna ingin mengurus anak di rumah, tidak ingin mutasi luar daerah sehingga jauh dari keluarga atau tidak sanggup dengan tekanan serta politik kerja di kantor.
 

Kedua,  Siap segala Situasi dan Kondisi

Bekerja di sektor swasta atau ASN mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Pasti ada aturan, reward, dan punishment yang mengikat setiap jabatan yang diamanahkan kepadamu.

Sebelum kamu mendaftar seleksi CPNS atau stay di sektor swasta tanyakan dulu apa maumu? Minatnya dimana? Masa depan seperti apa yang ingin kamu ciptakan? Lalu ciptakan rasa percaya diri dan persisten untuk mendalaminya.

Baca Juga: Mana Karir Idaman Gen Z, jadi PNS atau Berkarir di Swasta?

 

Ketiga, Ingat PNS itu Pilihan Karir bukan Tujuan Karir

Jika kamu berpikir bahwa PNS adalah jalan karir yang ingin kamu raih maka sangat disarankan mendaftar seleksi tiapkali ada pembukaan.


Misal ada dorongan dari orang tua, istri, atau ingin meningkatkan derajat keluarga. Silahkan. Tapi sebaliknya jika kamu memilih di sektor swasta kamu juga tidak perlu iri dengan kawanmu yang ASN.

Sebab yang terpenting karir yang kamu pilih tetap dijalankan dengan penuh komitmen serta punya nilai dampak sosial yang bisa dirasakan.

Ada beragam karir yang bisa dipilih oleh Gen Z termasuk industri swasta atau negeri seperti halnya PNS. Tidak ada karir yang menjamin ataupun menjanjikan sepenuhnya masa depan yang bahagia.

Sebab, semuanya tergantung kamu menjalani dan memaknai setiap proses sekaligus mensyukuri setiap pencapaian.

#Mon-FridayChallenge




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung