Membebaskan Middle Income Trap dengan Menghasilkan CUAN Lewat Hobi, Bisa Enggak Sih?

Like

Siapkan dirimu untuk produktivitas seperti menghubah hobi yang kamu sukai untuk bisa menghasilkan uang.

Meningkatkan penghasilan bisa dari sektor informal misalnya usaha jasa, jualan produk jadi atau menambah nilai dari suatu produk sehingga bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Aktivitas sehari-hari yang mudah lalu memungkinkan untuk bisa menghasilkan uang adalah hobi. Ya hobi bisa menghasilkan uang jika kamu tahu dan paham caranya. Tidak malas juga tentunya. 

Ada beragam hobi yang bisa menghasilkan banyak uang. Seperti jasa desain, jasa editing vidio, jasa antar jemput anak sekolah, menulis konten, jualan jajanan sekolahan, hingga jasa fotografer. Tentu masih banyak lagi yang bisa kamu eksplor sendiri.

Baca Juga: Lepas dari Middle Income Trap dengan Langkah Sederhana


Perlu adanya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat untuk bisa keluar dari bayangan middle income trap di negara ini.

Fasilitas dan regulasi menjadi wewenang pemerintah pusat sampai daerah untuk bisa memberikan infrastruktur yang berkulitas dan tepat.

Sedangkan masyarakat selayaknya mempunyai kesadaran untuk menjadi sumber daya manusia yang lebih baik dan siap dengan perbanyak meningkatkan keterampilah (upskilling/reskilling) dan tidak usah ragu untuk menjual jasa seperti hobi yang ditekuni.

#Mon-FridayChallenge











----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung