Karantina Berbuah Bisnis, Peluang Usaha Sablon Digital Makin Laris Manis

Sablon Digital Jadi Peluang Bisnis di Tengah Pandemi (Sumber gambar: Adhi Hermawan)

Sablon Digital Jadi Peluang Bisnis di Tengah Pandemi (Sumber gambar: Adhi Hermawan)

Like

Siapa sangka karyawan teladan pun juga terkena imbas akibat pandemi. Setelah hampir enam bulan bekerja dengan hasil terbaik, namanya terpaksa harus tersangkut di daftar pemutusan hubungan kerja alias PHK.

Hari itu memang menjadi hari yang paling memilukan dalam hidupnya. Setelah pemotongan gaji dan THR yang tak kunjung turun, peristiwa yang mencekam itu benar-benar terjadi. Alhasil, dia kembali menyandang gelar sebagai "pengangguran" lagi.

Sebut saja namanya Adhi, seorang digital marketing yang memiliki hobi mendesain dan menulis. Namun sayangnya ia harus kembali jobless karena kondisi perusahaan yang tidak stabil. Gelar karyawan teladan, nyatanya tak bisa menyelamatkan dirinya dari daftar itu! Memang dampak pandemi sangat merugikan banyak orang.

Dilansir dari website bisnis.com (09/08/2020), 123.503 orang dinyatakan positif dan 5.658 dinyatakan meninggal dunia akibat Covid-19. Belum lagi banyaknya karyawan yang terdampak PHK. Jadi bisa dipastikan pandemi ini sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia.

Lantas, apakah yang harus kita lakukan agar tetap survive di tengah pandemi? Nah, kisah berikut tentunya bisa menjadi inspirasi kita untuk mencari celah peluang bisnis untuk bangkit dari pandemi.
 

Kreativitas Berbuah Peluang Usaha

Meskipun kembali menyandang gelar sebagai pengangguran, nyatanya rasa pilu itu cepat berlalu dengan cara menggali potensi diri. Melakukan segala sesuatunya sesuai dengan potensi diri tentu akan menghasilkan karya yang luar biasa. Dan berikut ini cara menggali potensi diri!

 

Cara Menggali Potensi Diri

Cara Menggali Potensi Diri

 
Lewat hobi dan kegemaran

Bekerja sesuai dengan hobi dan kegemaran tentu sangat asyik dan menyenangkan. Dengan cara inilah kita bisa meningkatkan potensi diri kita. Ingat! bekerja sesuai dengan minat dan bakat, bisa menghasilkan karya yang luar biasa lho!

Banyak membaca dan melihat keadaan
Potensi diri bisa kita asah dengan banyak membaca dan melihat keadaan. Misalnya orang tua kita adalah seorang seniman, pastinya kita bisa mewarisi bakat seniman tersebut. Perbanyak membaca dengan begitu kita akan menemukan potensi apa yang bisa kita kembangkan.

Sharing dengan orang terdekat
Terkadang kita tidak menyadari potensi diri yang kita miliki. Orang terdekat kitalah yang mengetahui hal tersebut. Sharinglah dengan orang terdekat, dengan begitu kamu akan menemukan potensi dirimu yang menjadi ujung tombak untuk berkarya.

Mencoba hal-hal baru
Jangan merasa aman ketika kamu berada di zona nyaman. Pastikan kamu bekerja sesuai dengan bakat dan minat kamu. Cobalah hal-hal baru untuk menemukan bakat terpendam dalam diri kamu. Dengan begitu kamu bisa menghasilkan karya yang patut untuk diapresiasi.

Seperti Adhi, selain menyibukan diri dengan mendesain dan menulis, ia juga menyempatkan diri untuk intropeksi dan menggali potensi diri. Tentunya cara ini lebih bijak dari pada meratapi nasib dan galau berhari-hari akibat PHK.

Tak ada kata lain selain "Bangkit!". Karantina yang cukup lama akhirnya berbuah kreativitas. Dari kreativitas itulah modal utama untuk bangkit di tengah pandemi.

Bermodal laptop tua, Adhi pun mencoba mengeksplor potensi diri dengan skill yang ia miliki. Alhasil, dari karyanya tersebut munculah ide untuk mewujudkan usaha sablon digital.

Dengan tekad kuat dan modal sisa hasil pesangon, akhirnya usaha sablon digital berhasil ia wujudkan di atas kios kecil berukuran 2x3 meter. Meski terbilang kecil, usaha inilah bukti keseriusan untuk bangkit dari pandemi. Siapa pun bisa memanfaatkan hobi, kreativitas dan potensi diri menjadi sebuah peluang usaha. 
 

Peluang Usaha Sablon Digital

Tak ada yang menyangka bahwa peluang bisnis dapat kita temukan dari potensi diri yang kita miliki. Berawal dari hobi mendesain, kini terciptalah usaha sablon digital. Potensi dari usaha sablon digital tentu sangat berpeluang, apalagi di tengah pandemi.

Setiap usaha pastinya membutuhkan alat pemasaran atau promosi. Banyak produk yang bisa dilakukan sebagai alat untuk promosi seperti kaos, gelas, buku dan merchandise lainnya. Berbagai produk promosi tentunya tidak terlepas dari sablon untuk proses mencetaknya. Oleh karena itu, sablon digital menjadi cara alternatif untuk menyulap alat promosi tersebut. Itulah yang menjadi alasan Adhi memilih usaha sablon digital.
 

Branding Perusahaan

Branding Perusahaan (Sumber gambar: Adhi Hermawan)


Selain itu ada juga manfaat yang didapatkan dari produk hasil sablon digital, diantaranya:
  1. Sebagai alat untuk branding perusahaan/ instansi
  2. Sebagai media promosi produk atau jasa
  3. Sebagai keunikan tersendiri agar berbeda dari yang lainnya
Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini. Anjuran untuk menerapkan protokol kesehatan sangatlah diharuskan, terlebih lagi terkait dengan penggunakan masker wajib bagi setiap orang. Agar masker telihat berbeda tentu butuh peran sablon digital agar desain atau tampilan masker berbeda dari yang lainnya. 

Berbagai perusahaan dan instansi mau tidak mau juga harus memiliki ciri khas masker untuk karyawannya. Disinilah peluang besar usaha sablon digital untuk mewujudkan itu semua. Tidak hanya berupa masker, sarung tangan, face shield, alat pelindung diri lainnya juga perlu didesain sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Inilah peluang usaha sablon digital yang laris manis di pasaran. Dari hobi yang dibayar, Adhi tak kecewa lagi atas dampak dari pandemi. Justru ada hikmah dibalik ini semua, bahkan status pengangguran pun berubah menjadi pengusaha. Kerenkan!
 

Saatnya Bangkit Dari Pandemi

Banyak cara untuk bangkit dari pandemi, kisah Adhi adalah satu dari sekian banyak kisah lainnya yang bisa menginspirasi kita untuk bangkit dari pandemi. Berawal dari pemutusan hubungan kerja, memanfaatkan potensi diri serta mewujudkan peluang usaha sablon digital menjadi inspirasi bagi kita semua.

Mulailah dengan mengenali diri kita sendiri, mencoba menggali apa yang menjadi potensi diri kita serta mewujudkan peluang usaha yang menjadi passion kita. Ingat! bahwa bekerja sesuai dengan minat dan bakat kita akan menghasilkan karya yang luar biasa. Ayo kita bangkit!