Balada Belanja Online di Tengah Pandemi

Balada belanja online di tengah pandemi (sumber gambar: dokumentasi pribadi)

Balada belanja online di tengah pandemi (sumber gambar: dokumentasi pribadi)

Like

Belanja Online kini mendadak populer di kalangan masyarakat sebagai dampak dari pandemi Covid-19 yang kini tengah melanda dunia.

Pada awalnya, beberapa konsumen lebih memilih untuk berbelanja di offline-store. Dikarenakan beberapa advantage yang didapat, seperti bisa melihat barang yang akan dibeli secara langsung, menghindari tragedi “foto postingannya dengan yang aslinya berbeda”, dan yaa sekalian jalan-jalan buat cuci mata. Apalagi kalau offline-store nya ada di mall, jadi bisa sekalian nge-mall deh.

Tapi yang terjadi saat ini justru berbeda. Sebagian besar masyarakat dunia yang merasakan dampak Covid-19 justru dihantui rasa takut dan cemas ketika mereka harus berhadapan dengan dunia luar. Meskipun saat ini sudah memasuki fase “New Normal”, namun tak sedikit yang lebih memilih untuk tetap berdiam diri di rumah sembari nge-post foto #dirumahaja.

Fenomena yang terjadi saat ini seolah memberi peluang besar bagi bisnis-bisnis berbasis online di berbagai marketplace. Meningkatnya waktu untuk #dirumahaja, mendorong sebagian besar masyarakat untuk lebih aktif di media sosial.

Berbagai tawaran menarik tentunya akan tersaji dengan begitu rapi di berbagai platform media sosial. Salah satunya, barang-barang yang dijual di berbagai marketplace.


Siapa disini yang semenjak pandemi rumahnya jadi gak pernah sepi karena selalu kedatangan kurir?

Ya, bisa jadi ini adalah salah satu bentuk dampak dari pandemi. Sebagaimana dikutip dari website bisnis.com, penerapan physical distancing berpengaruh terhadap tingginya konsumsi belanja online untuk perlengkapan ibu dan bayi. Sebanyak 50 persen ibu mengaku berbelanja perlengkapan ibu dan bayi melalui e-commerce dan 26 persen melalui toko online yang ada di media sosial.
 
"Penerapan physical distancing berpengaruh terhadap tingginya konsumsi belanja online untuk perlengkapan ibu dan bayi. Sebanyak 50 persen ibu mengaku berbelanja perlengkapan ibu dan bayi melalui e-commerce dan 26 persen melalui toko online yang ada di media sosial"
(bisnis.com)

Nah, itu baru survei mengenai kebutuhan ibu dan bayi saja, kalo yang anak mudanya gimana? Pastinya gak akan kalah saing sih. Dikutip dari website bandungkita.id, berbelanja secara online bisa membuat customer menjadi lebih boros dan kalap.

Menurut saya, kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh beberapa e-commerce yang memberikan berbagai layanan-layanan yang memudahkan para konsumennya seperti layanan gratis ongkos kirim. Terlebih lagi, pilihan yang tersedia pun lebih bervariasi dibandingkan ketika kita pergi secara langsung ke offline-store.

Hal ini mengakibatkan meningkatnya sifat konsumtif dari masyarakat sehingga cenderung membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan saat ini. So, here is the tips for you guys yang mau belanja online dengan aman dan nyaman tanpa kalap.
 

Tips 1 : Pisahkan Keinginan dan Kebutuhan

Terkadang kita nampak menyamaratakan keinginan dan kebutuhan saat ini, padahal sebenarnya ada beberapa barang yang sebenarnya tidak begitu kita butuhkan. Nah, barang-barang yang seperti ini nih harus kita jauhin dulu dari list produk-produk yang mau dibeli di marketplace.
 

Tips 2 : Buatlah List Prioritas

Nah, ketika kamu sudah tahu produk-produk yang seperti apa yang sebenarnya sedang kamu butuhkan, tahap selanjutnya adalah buat list prioritas. “Tentukan skala prioritasmu”, mungkin kalimat ini sudah tidak asing lagi untuk didengar, namun ini akan benar-benar menentukan tingkat ke-kalap-an mu loh.

Beberapa produk yang sudah masuk dalam list kebutuhanmu akan kembali dikelompokkan berdasarkan kapan produk itu benar-benar dibutuhkan. Pastikan bahwa produk yang kamu checkout saat ini adalah produk yang memang kamu butuhkan saat ini, bukan produk yang baru akan kamu butuhkan dua atau tiga tahun ke depan, be wise to your money !
 

Tips 3 : Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Pandemi Covid-19 kini telah memberikan dampak besar bagi semua kalangan masyarakat. Oleh karena itu, kita disarankan untuk lebih peka dalam mengatur keuangan kita saat ini, jangan sampai pengeluaran kita saat ini justru lebih meningkat pesat dibandingkan sebelum pandemi.
 

Tips 4 : Mencari Promo Terbaik

Mencari produk diskon itu gak ada salahnya kok, tapi kamu harus memastikan bahwa produk tersebut tidak hanya memiliki harga terbaik namun juga dengan kualitas terbaik. Contohnya, saja ketika ingin berbelanja gadget, pastikan kamu membeli produk-produk seperti gadget ini di official shop terpercaya, dengan begitu, kamu tidak hanya akan mendapatkan harga terbaik, namun juga dengan kualitas terbaik.
 
"Dengan adanya potongan harga, tentunya kamu bisa membeli sebuah gadget dengan total harga yang jauh lebih ekonomis" 
(bisnis.com)

Sebagaimana dikutip dari website bisnis.com, dengan adanya potongan harga, tentunya kamu bisa membeli sebuah gadget dengan total harga yang jauh lebih ekonomis. Untuk itu, selalu perhatikan penawaran promo terbaik saat ingin membeli sebuah barang.

Nah, jadi itu tadi beberapa tips yang bisa digunakan para pandemic-fighters untuk tetap bisa mengatur keuangan dengan baik di masa pandemi kali ini meskipun tentunya berbelanja online akan selalu terlihat menggiurkan. Setidaknya, kamu akan menjadi lebih bijaksana dalam menggunakan uangmu untuk produk-produk yang benar-benar kamu butuhkan saat ini dan tentunya dengan harga dan kualitas terbaik. Selamat mencoba !

Indah Permata Sari


Referensi
Hadyan, R. Tips Belanja Gadget Via Online yang Aman, www.bisnis.com, diakses pada 8 Agustus 2020.
Nuraini, D. Pekan Social Distancing Belanja Online, www.bisnis.com, diakses pada 8 Agustus 2020.